5 Alasan Mengapa Perlu Mengonsumsi Kurma

2
52
manfaat kurma, menu buka puasa, obat kanker

Kurma banyak dikonsumsi kaum muslim terutama saat berbuka puasa. Seorang herbalis sekaligus dokter di Malang, Jawa Timur, Dr. Zainal Gani mengatakan bahwa kurma memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan bagi pria dan wanita. Salah satunya yaitu kesehatan organ reproduksi. Hal ini dibantu dengan mengonsumsi madu dan susu.

Tak hanya itu, kurma juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh lainnya. Berikut penjelasannya.

Manfaat Konsumsi Buah Kurma

Mengatasi Demam Berdarah

Sirup kurma mampu meningkatkan jumlah trombosit (keping darah) penderita demam berdarah. Seorang herbalis Lukas Tersono Adi menyatakan kurma meningkatkan antibody dan menghambat pertumbuhan dan perkembangan virus Demam Berdarah Dengue. Kurma juga mengandung polifenol dan polisakarida yang mampu membangkitkan sistem imunitas. Sirup kurma yang baik berasal dari kurma muda.

Melindungi Hati

Riset di Arab Saudi oleh Aly Abdullah Al-Qarawi Ph.D. membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kurma tiap hari dapat mencegah sirosis hati. Ekstrak biji dan daging buah kurma melindungi hati dari karbontetraklorida dan memperbaiki kerusakan hati akibat dimethoate (semacam insektisida). Daging buah dan biji kurma mengandung flavonoid, betasitosterol dan vitamin C yang bersifat hepatoprotektor (melindungi hati).

Mencegah Kanker

Omar Oshurd dari Biotechnology Research Center dan John F.Kennedy dari University of Birmingham melalui risetnya membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kurma secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker hingga 95% .

Menu Buka Puasa paling Afdol

Berbuka puasa dengan kurma sudah dianjurkan sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Kebanyakan orang salah mengira dan langsung berbuka puasa dengan makan nasi beserta lauk pauk dalam porsi besar.

Nabi menganjurkan makan nasi beserta lauk pauk setelah shalat Isya dan tarawih (2-3 jam setelah buka puasa). Hal ini dibuktikan kebenarannya melalui penelitian Endang Sri Sunarsih yang menunjukkan bahwa kurma meningkatkan kadar gula darah orang yang berbuka secara bertahap selama 2 jam kemudian.

 

  • Masya allah ternyata banyak sekali yah manfaat kurma buat kesehatan, nice artikel

  • Ternyata banyak sekali yach manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh, oya apakah khasiat buah kurma dengan kurma yang dalam bentuk olahan madu sama Min?