5 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

216
daun kemangi, manfaat kemangi, obat penyakit jantung

Suaramuslim.net – Daun kemangi sangat mudah ditemukan di mana saja. Di pasar, di supermarket atau ditempat makan dari mulai yang di pinggir jalan hingga di restoran mewah. Daun kemangi memiliki aroma khas yang mengandung berai kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.

Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm. Bunganya tersusun di tandan yang tegak. Lebih dari itu, kemangi ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah manfaat daun kemangi:

1. Menyehatkan kulit wajah

Menggosok daun kemangi kering di wajah akan meningkatkan penampilan menjadi lebih menyegarkan. Menerapkan daun kemangi yang dihaluskan pada wajah dan leher akan meningkatkan warna kulit cerah dan tampak lebih muda.

2. Mengobati panu

Selain bermanfaat sebagai lalapan, daun kemangi dapat dijadikan solusi untuk menghilangkan panu. Caranya adalah dengan menghaluskan daun kemangi yang sudah dicuci, kemudian tambahkan sedikit kapur sirih, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena panu.

3. Menyehatkan mata dan mulut

Vitamin A dalam daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah gangguan pada mata lainnya. Tak hanya itu, selain daun mint, kemangi pun punya efek menyegarkan bau mulut jika dikonsumsi.

4. Melancarkan ASI

Daun kemangi segar dipercaya dapat mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI. Caranya cukup mengonsumsinya sebagai lalap teman makan nasi dan sambal.

5. Obat penyakit jantung

Kemangi mengandung betakaroten dan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung. Betakaroten dan magnesium sangat baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here