5 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

1
18
manfaat serai, kesehatan, tips sehat

Suaramuslim.net – Selain digunakan sebagai bahan masakan, ternyata rempah-rempah juga bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya saja daun serai. Daun serai tak hanya berfungsi membuat masakan menjadi makin harum dan enak saja. Daun serai juga merupakan rempah alami yang kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari laman top10homeremedies.com, serai merupakan rempah yang kaya akan vitamin A, B, dan C. Selain itu, serai juga kaya akan folat, asam folat, magnesium, seng, tembaga, besi, kalium, fosfor, kalsium dan mangan. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari daun serai, yaitu:

1. Menyehatkan sistem pencernaan

Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa di dalam serai terkandung senyawa yang bisa membuat sistem pencernaan makin sehat. Senyawa ini dikatakan mampu menjadi antiseptik yang efektif membunuh bakteri jahat dalam sistem pencernaan dan menjadikan sistem pencernaan selalu sehat. Tak hanya menjaga dan menyehatkan sistem pencernaan, serai juga dapat membantu mengatasi sembelit, kejang perut, diare, muntah, kram, mulas maupun diare.

2. Menurunkan kolesterol

Hasil penelitian yang dilakukan di University of Wiconsin menunjukkan bahwa kolesterol berlebih pada tubuh dapat diatasi dengan serai. Hal ini disebabkan karena di dalam serai, terkandung senyawa anti kolesterol yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan membuatnya selalu dalam kondisi stabil. Kandungan kalium yang tinggi dalam serai tak hanya bantu menurunkan kolesterol saja, namun juga bantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Mengobati flu

Aroma serai yang wangi dan kandungan nutrisinya yang sangat mengesankan menjadikan serai sangat baik dalam mengobati flu maupun pilek. Tak hanya itu saja, serai juga dikatakan mampu membuat sistem pernafasan menjadi lebih sehat. Serai juga baik digunakan untuk mengobati masalah asma dan bronkitis.

4. Mencegah kanker

Minuman herbal yang berbahan dasar serai dapat mencegah kanker. Penelitian yang dilakukan di Universitas Ben Gurion di Israel menemukan bahwa teh serai bisa melawan dan mencegah resiko kanker. Nutrisi yang terkandung di dalam serai dipercaya mampu membunuh sel kanker dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan di Journal Fundamentals of Clinical Pharmacology juga menyebutkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam serai sangat ahli dalam mencegah risiko kanker payudara dan membunuh sel kanker payudara dengan sangat baik.

5. Mengatasi stres

Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengobati stress Anda. Cukup dengan mengonsumsi teh serai, akan membantu mengurangi stress. Aroma wangi dari serai dipercaya bisa menjadi antidepresan yang sangat baik dalam mengatasi dan mencegah masalah stres, pikiran kurang bahagia hingga depresi. Konsumsi segera secangkir teh serai hangat jika dirasa pikiran mulai jenuh dan cemas akan sesuatu.

SHARE
Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here