Basmi Ketombe dengan 5 Bumbu Dapur Berikut

Suaramuslim.net – Salah satu permasalahan utama dari rambut yang perlu mendapat perhatian khusus yaitu rambut yang berkemtombe. Kondisi ini akan membuat kulit kepala lebih rentan iritasi dan menimbulkan rasa gatal yang menyiksa. Tak sedikit pula sebagian orang yang rela menghabiskan uang demi pergi ke salon untuk melakukan perawatan rambut agar tidak berketombe. Namun tahukah Anda, bahwa ketombe dapat diatasi dengan bahan-bahan sederhana yang terdapat di sekitar Anda, yaitu bumbu dapur. Manfaatkanlah bumbu dapur berikut untuk memusnahkan ketombe rambut:

1. Masker bubuk pala

Jenis rempah yang satu ini ternyata memiliki zat anti-bakteri dan anti-jamur. Tidak heran jika pala dapat dimanfaatkan untuk membasmi ketombe secara alami, terlebih untuk rambut berketombe yang disebabkan oleh malassezia. Dengan melakukan perawatan menggunakan bubuk pala, ketombe di rambut Anda akan hilang. Caranya dengan membubuhkan masker bubuk pala secara merata pada kulit kepala secara rutin.

2. Biji wijen

Selain berfungsi sebagai penambah cita rasa makanan, biji wijen juga dapat membantu dalam mengatasi masalah ketombe, terlebih dengan olahannya yang dikemas dalam bentuk minyak. Minyak wijen mengandung moisturizer dan SPF yang dapat melindungi kulit kepala dari kekeringan maupun radiasi sinar UV. Mengaplikasikan minyak wijen juga ampuh dalam memperlambat pertumbuhan sel kulit kepala yang menjadi penyebab ketombe.

3. Lada hitam

Anda sering memasak dengan lada hitam? Bumbu dapur ini dapat menjadi solusi atasi ketombe yang menempel di rambut Anda. Lada hitam memiliki kandungan bahan yang dapat menghalau penyebab ketombe, yakni zinc dan selenium. Untuk menghilangkan ketombe dengan lada hitam, Anda cukup mencampurkan bubuk lada hitam pada masker rambut.

4. Bawang putih

Selain bumbu-bumbu di atas, bawang putih juga memiliki manfaat dalam membasmi ketombe. Hal ini dikarenakan adanya zat antiseptik pada bawang putih yang akan menghalau penyebab ketombe, terutama kotoran dan jamur. Selain itu, bawang putih juga dapat mencegah terjadinya iritasi.

5. Kunyit

Bagi Anda yang memiliki masalah ketombe membandel, sediakan kunyit yang banyak dirumah. Bumbu dapur berwarna kuning ini tidak hanya dapat digunakan sebagai pewarna alami. Namun juga ampuh dalam menyehatkan kulit kepala. Tidak heran karena antioksidannya yang tinggi dapat menjaga kulit kepala tetap ternutrisi. Kondisi tersebut tentu saja dapat membantu menghindarkan kulit kepala dari masalah rambut berketombe.

Tidak harus selalu ke salon untuk perawatan rambut karena Anda juga dapat melakukan home treatment. Gunakan bumbu dapur tersebut untuk membantu atasi masalah ketombe. Selain lebih aman karena berbahan alami, Anda juga tidak perlu merogoh saku yang banyak.

Bagikan Kebaikan Artikel ini..Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *