Dapatkan Bonus Berlipat Ramadhan dengan Baca Al-Qur’an

0
30

Suaramuslim.net – Ingin dapat bonus berlipat-lipat? Gampang, silakan membuka dan membaca ayat demi ayat yang terkumpul dalam kitab suci al-Qur’an. Bonus apa saja yang didapat? Tulisan ini akan menjelaskan berbagai bonus bagi pembacanya.

Ibarat sebuah produk yang diciptakan pabrik, manusia diciptakan lengkap dengan buku panduan penggunaannya, yaitu al-Qur’anul Kariim. Jika al-Qur’an ada sebagai buku panduan, manusia tentu sangat membutuhkannya. Sebab, jika buku panduan itu tidak pernah dibaca, berbagai masalah akan datang melanda.

Sebagai muslim, membaca al-Qur’an  merupakan  dua hal yang tak terpisahkan yaitu kewajiban dan kebutuhan. Tak hanya sekadar dibaca, isi al-Quran juga dipahami dan kemudian diaplikasikan dalam hidup seorang muslim. Layaknya sebuah produk yang harus digunakan sesuai dengan panduannya.

Muslim yang membaca al-Quran akan mendapatkan khazanah tentang Islam yang sangat mendalam dan tentu akan semakin mendalami ilmu-ilmu Allah lainnya yang ada di alam semesta. Karena isi al-Quran yang menyangkut kehidupan manusia misalnya saja seperti masalah ekonomi, hukum, pendidikan, keluarga, pasangan, ilmu pengetahuan alam, tentang akhirat, dan lain sebagainya.

Kewajiban membaca al Quran tak hanya luruh dengan sekali menunaikannya saja. Karena fungsinya sebagai petunjuk hidup umat Islam, membaca al-Quran pun harus dilakukan secara terus menerus. Waktu Ramadhan adalah waktu terbaik untuk membaca dan mengilhami al-Quran. Dilansir dari laman konsultasisyariah.com, inilah keutaaman orang yang membaca al-Quran saat Ramadhan.

Pahala Berkali Lipat

Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Allah Akan Meninggikan Derajat Orang yang Membaca Al Quran

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah meninggikan suatu kaum karena al-Quran ini dan merendahkan juga karenanya.” (HR. Muslim)

Bagi orang yang mempelajari al-Quran dan mengamalkan isinya, maka Allah akan meninggikannya. Sebaliknya, bagi orang yang mengetahuinya, namun malah mengingkarinya, maka Allah akan merendahkannya.

Menjadikan Waktu Lebih Produktif

Membaca al-Quran membuat kita juga lebih produktif. Produktif dalam hal ini tentu sangat baik di bulan Ramadhan. Walaupun fisik kita diuji dan dicoba dengan tidak makan dan minum, tentunya kelelahan dan bosan akan datang. Tetapi, waktu ini akan lebih produktif jika kita gunakan dengan hal-hal bermanfaat termasuk membaca al-Quran.

Untuk itu, jangan sampai produktifitas tidak bisa dapatkan hanya gara-gara lemas dan malas dalam beribadah di bulan Ramadhan. Ruginya diri kita, karena Ramadhan hanya datang satu kali dalam satu tahun dan belum tentu menemuinya lagi saat tahun depan. Maka itu, produktiflah dalam beraktifitas. Dengan menyediakan waktu khusus untuk membaca al Quran, pahala yang didapatkan akan melimpah juga ketenangan hati akan dirasakan.

Demikian beberapa hal yang akan seseorang dapatkan jika ia melewati waktu-waktu di bulan Ramadhannya dengan membaca al-Quran. (muf/smn)

SHARE
Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.