Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Suaramuslim.net – Saat puasa, kondisi mulut akan menjadi kering dan memicu bau mulut. Bagaimana mengatasinya secara alami? Berikut ini ulasannya.

Begitu banyak penyebab bau mulut, salah satunya bakteri yang muncul akibat sisa makanan berbuka atau sahur yang tidak bersih tuntas. “Bakteri memakan partikel makanan dalam mulut. Koloni bakteri akan mengeluarkan komponen sulfur melalui respirasi aerobik,” papar Dr. Brian yang dikutip dari kompas.com.

Sementara itu, Everydayhealth.com  menerangkan bahwa penyebab umum dari keluhan bau mulut adalah infeksi dan paparan bakteri yang terjadi pada area mulut. Bahkan dalam data WebMD, setidaknya 80% penyebab bau mulut adalah keluhan pada oral mulut seperti karang gigi, keluhan gusi, sariawan dan coated tongue yakni kondisi saat lidah memiliki lapisan putih atau kekuningan pada lidah akibat endapan karang, asam atau inflamasi.

Pada dasarnya, mulut menyimpan ribuan bakteri di sela gigi dan lidah dan gusi. Bakteri ini secara alami membantu fungsi mulut dan memproses makanan yang masuk. Hanya saja ketika terjadi iritasi atau inflamasi pada gigi, gusi atau lidah, maka bakteri justru bekerja menginfeksi dan merusak jaringan dalam mulut. Saat inilah biasanya seseorang kemudian mengalami masalah bau mulut.

Tips Praktis Menghilangkan Bau Mulut

Perhatikan hal-hal di bawah ini agar Anda terbebas dari rasa tidak nyaman karena bau mulut saat puasa.

Pertama, perbanyak minum air putih. Jika Anda terbiasa minum air saat sahur atau berbuka sekadarnya, mulai saat ini, tambah kuantitas minum air putih Anda. Hal itu, karena memperbanyak minum air putih sebanyak 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat membantu cegah bau mulut di siang hari. Karena dengan meminum banyak air putih, produksi air liur (saliva) akan lebih banyak. “Saliva adalah pelembab mulut sekaligus pelawan bakteri, kalau produksinya sedikit lidah dan mulut akan menjadi tempat berkembangnya bakteri,” ujar Dr. Rana Althib dari Dubai Healthcare pada Gulf News.

Kedua, gosoklah gigi dan lidah dengan sempurna seusai makan sahur maupun saat berbuka puasa. Tujuannya adalah untuk membersihkan mulut dan lidah dari berbagai macam partikel yang meningkatkan potensi bau mulut.

Ketiga, minumlah teh hijau saat sahur. Meminum teh hijau saat sahur, akan mencegah bau mulut. Di dalam teh hijau terdapat kandungan zat plyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan pernafasan.

Keempat, berkumur yang dilakukan saat berwudhu juga akan mengurangi bau mulut. Saat berkumur kondisi rongga mulut dan lidah basah terkena air, sehingga kuman dan bakteri berpeluang luruh bersama air yang dikeluarkan saat berkumur.

Uraian di atas adalah uraian untuk mencegah bau mulut secara alami saat puasa tanpa menggunakan bahan kimia. (muf/smn)

Suara Muslim

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan
Bagikan