Inilah Amalan Penghapus Dosa

Suaramuslim.net – Pengampunan dosa dari Allah subhanahu wa ta’ala berdampak sangat besar kepada hamba-Nya. Karena ketika dosa dihapus, akan mengundang ridho Allah ta’ala yang kemudian mendatangkan rahmat. Jika dalam kondisi demikian, niscaya doa seorang hamba tidak akan tertolak. Inilah amalan-amalan yang dapat menghapus dosa itu.

Manusia, tidak lepas dari khilaf sehingga sering berbuat dosa (melanggar aturan Allah SWT). Pepatah Arab mengatakan, Al-Insanu Makanul Khoto wa Nisyan, manusia itu tempatnya salah dan lupa. Sering kali manusia terjerumus pada perbuatan dosa yang dari perbuatan dosa tersebut, ia harus bertaubat dan melakukan lebih banyak amal shalih sebagai bukti taubatnya.

 Amalan Utama yaitu Taubat

Taubat adalah menyatakan penyesalan, memohon ampunan kepada Allah, dan berjanji tidak mengulangi perbuatan yang melanggar aturan-Nya. Allah berfirman, “Dan Dialah (Allah) yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Asy-Syura: 25)

Kemudian diperkuat dengan sebuah hadits yang menjelaskan, “Bahwa Allah membentangkan tangan-Nya di malam hari untuk menerima taubat orang-orang yang berbuat jelek di siang hari dan membentangkan tangan-Nya di siang hari untuk menerima taubat orang-orang yang berbuat jelek di malam hari sehingga matahari terbit dari arah barat.” (HR. Muslim).

Adapun cara bertaubat yaitu dengan memanjatkan doa memohon ampunan, atau dengan melakukan shalat taubat. Shalat taubat adalah shalat dua rakaat lalu meminta ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan doa istighfar dalam bahasa apa saja, juga do’a minta ampun yang bisa diambil baik dari al-Qur’an maupun hadits.

“Tidaklah seorang hamba melakukan dosa kemudian ia bersuci dengan baik, kemudian berdiri untuk melakukan shalat dua raka’at kemudian meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuninya.” Kemudian beliau membaca ayat ini,

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَىٰ مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, dan  Ibnu Majah).

Perbanyak Istighfar

Istighfar adalah cara sederhana untuk menghapuskan dosa dan memohon ampun pada Allah. Istighfar adalah memohon ampun kepada Allah ta’ala dengan kalimat  “Astaghfirullahal’adzim” atau kalimat lain yang semakna. Dalam Al Quran Allah berfirman, “Beristighfarlah kamu kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun…” (QS. Nuh:10).

Kemudian dalam sebuah hadits menjelaskan, “Barangsiapa beristighfar secara rutin, pasti Allah memberinya jalan keluar dalam kesempitan dan memberi rezeki yang tiada terhingga padanya.” (HR. Abu Daud).

Bersedekah di Jalan Allah

Sedekah yaitu menyisihkan sebagian harta untuk membantu orang yang membutuhkan (kaum dhuafa) dan mendanai dakwah atau syiar Islam.

Sedekah bisa diartikan juga dengan mengeluarkan harta yang tidak wajib di jalan Allah (selain zakat). Sedekah juga meliputi bantuan nonmateri atau ibadah-ibadah fisik nonmateri, seperti menolong orang lain dengan  tenaga dan pikiran, mengajarkan ilmu, bertasbih, dan berdzikir.

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18).

Sabar Hadapi Ujian

Musibah, seperti sakit juga termasuk penghapus dosa, selama kita bersabar dan tawakal kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas ujian tersebut.

“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman, “Sesunguhnya apabila Aku menguji seorang hamba-Ku yang mukmin, lalu ia memuji-Ku atas ujian yang Aku timpakan kepada-Nya, maka ia bangkit dari tempat tidurnya (dalam keadaan) bersih dari dosa seperti hari ibunya melahirkannya.“ (HR. Ahmad).

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Melakukan Amal Baik

Amal kebaikan (amal sholeh), seperti mengerjakan ibadah wajib (shalat, zakat, puasa, haji) dan ibadah sunah seperti shalat malam, juga menolong sesama, senyum (menyenangkan orang lain), membaca Al-Quran, berkata-kata yang baik, menyempurnakan wudhu, dapat menghapuskan dosa.

“Sesungguhnya kebaikan itu menghapuskan keburukan, yang demikian itu adalah peringatan bagi orang orang yang ingat.” (QS. Hud:114).

Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan, “Sesungguhnya melakukan kebaikan itu menghapuskan dosa-dosa yang telah silam.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dan ikutilah keburukan itu dengan kebaikan karena (pahala) kebaikan itu dapat menghapuskan (dosa) keburukan”. (HR. Ahmad, Tirmidzi, Hakim, dan Tabrani).

Demikianlah beberapa amalan yang dapat menghapus dosa-dosa yang diperbuat. Semoga kita semua termasuk dalam orang yang istiqomah menjalankan amalan tersebut. (muf/smn)

Suara Muslim

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *