Jangan Lewatkan Kebaikan di Waktu Sahur

0
27

Suaramuslim.net – Saat bersantap sahur, stasiun televisi tanah air seakan berlomba-lomba menyajikan berbagai programnya. Mulai dari acara joget, komedi situasi, talkshow, dan lain sebagainya. Kita mungkin bisa menikmatinya. Namun sadarkah kita, ada beberapa kebaikan yang sedang kita lewatkan jika kita terus menontonnya?

Sahur merupakan ibadah sunnah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Selain itu sahur adalah pembeda puasa umat Islam dengan umat agama lain. Mengakhirkan waktu sahur adalah sebuah keutamaan. Berikut ini keutamaan-keutamaan waktu sahur yang dirangkum dari konsultasisyariah.com.

Waktu yang Makbul untuk Berdoa

Hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada setiap malam, Allah ta’ala turun ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir.

Allah berfirman, ’Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri, dan Siapa yang memohon ampunan kepada-Ku akan aku ampuni.’”

Di saat seperti ini rasanya sayang untuk dilewatkan untuk tidak bermunajat kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Saat yang Tepat untuk Memohon Ampun

Ibnu Hajar kemudian menjelaskan tentang hadits tersebut, “Bahwa akhir malam sangat afdhal untuk berdoa dan beristighfar. Dalilnya firman Allah (yang artinya) ‘yaitu orang-orang yang rajin beristighfar di waktu sahur.”

Manusia tidak akan pernah bisa luput dari khilaf dan dosa, maka dari itu penting bagi kita untuk senantiasa memohon ampun dengan beristighfar di setiap waktu. Utamanya ketika waktu sahur. Ampunan dari Allah subhanahu wa ta’ala akan mendatangkan berbagai kemudahan-kemudahan dalam hidup kita insyaAllah.

Kebiasaan Orang Sholeh di Masa Silam

Merujuk Al Qur’an surat Ali Imran ayat 17, “Merekalah orang-orang yang penyabar, jujur, tunduk, rajin berinfak, dan rajin istighfar di waktu sahur.” (QS. Ali Imran; 17)

Berdasarkan ayat tersebut dapat diambil hikmah, bahwa orang-orang sholeh terdahulu lebih banyak memanfaatkan waktu sahur untuk memanjatkan doa karena tahu pasti akan dikabulkan. Orang-orang terdahulu akan meminta kepada Allah subhanahu wa ta’ala ketika sahur, karena mengetahui bahwa segala permintaan yang dipanjatkan ketika sahur tidak akan tertolak. Orang-orang sholeh kala itu senantiasa beristighfar memohon ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala karena tahu dan yakin bahwa Allah ta’ala akan mengampuni orang-orang yang memohon ampun ketika waktu sahur.

Sungguh sangat disayangkan apabila kita melewatkan keutamaan-keutamaan yang seringkali kita abaikan di waktu sahur dengan menonton televisi sambil menyantap makanan sahur. Hal tersebut memang menyenangkan dan dapat menghilangkan rasa malas karena harus bangun ketika dini hari menjelang subuh untuk bersantap. Namun alangkah berbahagianya kita ketika menyantap makanan dengan diiringi istighfar dan memohon untuk dikabulkan segala macam bentuk hajat kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. (Agl/smn)

SHARE
Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.