Konsumsi Buah yang Tepat, Sebelum atau Setelah Makan Nasi?

0
23
konsumsi buah, waktu tepat konsumsi buah, sebelum nasi

Suaramuslim.net – Apakah Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi buah? Dalam kehidupan sehari-hari, konsumsi buah memang diperlukan karena buah kaya akan manfaat. Selain kandungan nutrisinya baik untuk kesehatan, buah-buahan juga akan membuat tubuh semakin sehat.

Namun sudah tepatkah waktu Anda dalam mengonsumsi buah-buahan tersebut? Kapankah waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah? Sebelum makan atau setelah makan?

Perlu Dicatat, Inilah Waktu yang Tepat Konsumsi Buah

Menurut pakar, waktu yang terbaik untuk mengonsumsi buah adalah sebelum makan. Hal ini sangat disarankan karena akan membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Tak hanya itu, mengonsumsi buah sebelum makan juga dapat menekan nafsu makan, karena tubuh telah merasa kenyang.

Lebih dari itu, buah-buahan yang dikonsumsi sebelum makan dapat mencegah gula darah naik yang dapat menyebabkan tubuh cepat merasa lapar.

Namun terdapat hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi buah sebelum makan. Hindarilah buah pisang hijau dan buah nangka. Kedua buah ini mengandung basa yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung jika dikonsumsi sebelum makan.

Tak hanya sebelum makan, mengonsumsi buah di pagi hari setelah minum air putih juga sangat disarankan. Makan buah sesudah makan justru sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan nutrisi pada buah tidak dapat dicerna dengan baik. Selain itu nutrisi dalam buah tidak dapat diserap oleh tubuh.

Oleh karena itu, mulailah untuk membiasakan konsumsi buah-buahan sebelum makan besar. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi buah-buahan setelah setelah menikmati menu utama, sebaiknya makan setelah 30 menit. Hal ini membantu agar buah dapat dicerna dengan baik.