Membuat Kue Kering Made in Sendiri

Suaramuslim.net – Kue, Ramadhan dan Idhul Fitri seperti satu grup yang tidak terpisahkan. Kemampuan membuat kue, untuk muslimah tentu saja diperlukan. Artikel di bawah ini akan membantu Anda.

Jajanan dan kue kering yang hadir sebagai jamuan saat Ramadhan dan tentu saja hari raya. Berbagai macam kue kering dapat menjadi pilihan jamuan tamu, mulai dari nastar, kastangel, dan berbagai jenis lainnya.

Untuk mendapatkanya pun akan sangat mudah, karena hampir semua toko menjajakannya. Namun, sebuah kebanggan tersendiri jika Anda bisa membuat kue kering sendiri yang istimewa. Selain lebih murah, tentunya akan lebih terjamin kualitasnya karena Anda sendiri yang memilih bahan pembuatannya.

Lantas, bagaimana agar kue kering yang dibuat tidak mlempem dan awet renyah? Dikutip dari vemale.com dan beberapa sumber, sedikitnya ada 4 rahasia membuat kue kering agar selalu renyah dan tahan lama serta tidak mlempem. Simak rahasianya berikut ini.

Gunakan Bahan Kue dengan Kualitas Baik

Pilihlah bahan kue yang berkualitas. Yang sangat perlu dipastikan adalah usahakan bahan kue masih baru dan belum kadaluarsa. Dengan memakai bahan kue yang masih baru, berkualitas dan tidak tercemar dari benda atau hal lainnya, kue kering yang dihasilkan pasti akan baik. Kue yang dihasilkan juga akan awet renyah serta tahan lama.

Gunakan Mentega dan Susu Cair Dingin

Gunakan mentega dan susu cair yang dingin atau sesuai dengan suhu ruangan. Yang dimaksud dengan mentega dingin bukanlah mentega yang beku, melainkan mentega yang sudah dicairkan namun suhunya lebih dingin atau sesuai dengan suhu ruangan. Karena, mentega dan susu cair dingin, akan membuat kue kering yang dihasilkan memiliki tekstur lembut dan kering serta renyah sempurna. Ia juga akan tahan lama dan tidak mudah mlempem atau pun berbau tengik.

Pastikan Menguleni Adonan dengan Pelan dan Benar

Pastikan ketika menguleni, anda lakukan dengan pelan-pelan dan benar. Tak apa jika menguleni dengan pelan membutuhkan waktu lama karena ini akan seimbang dengan kue yang dihasilkan. Karena, menguleni dengan keras dan cepat, suhu panas pada tangan akan menyebabkan adonan menjadi panas dan hal ini memungkinkan kue akan keras serta alot.

Saring Lalu Sangrai Tepung

Saringlah tepung  terlebih dahulu agar tekstur tepung menjadi sangat lembut. Tepung yang lembut akan menghasilkan tekstur kue lembut dan sempurna. Selain disaring atau diayak, usahakan pula untuk sangrai tepung agar kekeringan tepung semakin baik dan maksimal. Tapi ingat, setelah disangrai usahakan untuk mendinginkannya terlebih dulu. Kalau malas menyangrai tepung, kamu bisa menjemur tepung di bawah sinar matahari langsung.

Itulah beberapa rahasia membuat kue kering agar renyah dan tahan lama. Selain rahasia di atas, rahasia lainnya adalah usahakan untuk menggunakan gula dan garam halus untuk rasa kue yang semakin sedap dan nikmat. Pastikan pula untuk menyimpan kue di wadah atau toples yang kedap udara dan menjamin kue kering menjadi awet renyah dan tahan lama. Selamat mencoba. (muf/smn)

Suara Muslim

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan
Bagikan