Memilih Menu Buka Puasa Sehat

Beragam makanan yang menghiasi meja makan saat berbuka puasa menjadi pemandangan keseharian. Varian menunya beragam dengan jumlah banyak yang seringkali tak sebanding dengan jumlah penghuni rumah. Mirip penjual makanan. Namun, apakah berbagai makanan itu menyehatkan? Berikut ulasannya.

Minum Susu

Sebuah hadist yang dikisahkan dari dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang Allah beri makan hendaknya ia berdoa, ‘Allaahumma baarik lanaa fiihi wa ath’imnaa khoiron minhu’ (yang artinya, ya Allah, berkahilah kami padanya dan berilah kami makan yang lebih baik darinya). Barang siapa yang Allah beri minum susu maka hendaknya ia berdoa, ‘Allaahumma baarik lanaa fiihi wa zidnaa minhu’ (Ya Allah, berkahilah kami padanya dan tambahkanlah darinya). Rasulullah shallallahu wa ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tidak ada sesuatu yang bisa menggantikan makan dan minum selain susu.’” (HR. Tirmidzi no. 3455, Abu Daud no. 3730, Ibnu Majah no. 3322, hasan)
Dari hadist di atas, susu merupakan minuman yang disarankan. Mengutip dari bidanku.com, susu bisa membantu mengurangi anemia.

Buah dan Sayuran

Buah-buahan juga sering tersaji di atas meja makan. Hanya saja, berbagai jenis buah ini seringkali kalah bersaing dengan berbagai gorengan yang tentu saja tidak lebih sehat dari buah-buahan ini. Padahal, buah-buahan sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena selain mengandung serat buah juga kaya akan vitamin yang berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu buah adalah makanan yang lebih mudah dicerna sehingga tidak menimbulkan reaksi pada lambung.

Untuk berbuka puasa pilihlan buah yang mengandung banyak cairan seperti semangka, melon, blewah, anggur, apel atau lainnya namun hindari buah yang asam saat berbuka puasa seperti jeruk, nanas dan yang lainnya. Sedangkan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral serta serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan. Cara menikmatinya pun bisa dibuat sup atau langsung dimakan seperti salad atau lalapan.

Umbi-umbian

Umbi-umbian kaya akan karbohidrat kompleks yang lebih mudah dicerna dan tidak menaikkan kadar gula darah secara drastis juga  bisa membuat Anda merasa lebih kenyang. Dengan kandungan didalamnya umbi-umbian seperti kentang, ubi atau singkong baik dijadikan menu buka puasa dan bisa diolah menjadi beragam menu makanan lezat saat berbuka puas.

Ikan dan Daging

Seporsi ikan, daging ayam maupun daging yang lain bisa dijadikan menu berbuka puasa karena banyak sekali manfaat bagi tubuh. Daging, ikan tersebut mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

Tidak Berlebihan dalam Berbuka

Hanya saja, berbagai makanan ini tentu saja menjadi tidak disarankan ketika porsinya berlebihan. Menahan lapar seharian, seringkali menjadikan momentum berbuka puasa sebagai ajang balas dendam.

Padahal, Allah subhanahu wa ta’ala juga sudah mengingatkan untuk tidak berlebihan dalam makanan. Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

“Tidak ada wadah yang dipenuhi anak Adam yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah anak Adam mengkonsumsi beberapa suap makanan untuk menguatkan tulang rusuknya. Kalau memang tidak  ada jalan lain (memakan lebih banyak), maka berikan sepertiga untuk (tempat) makanan, sepertiga untuk (tempat) minuman dan sepertiga untuk (tempat) nafasnya.” (HR. Tirmizi, no. 2380, Ibnu Majah, no. 3349, dishahihkan oleh Al-Albany dalam kitab shahih Tirmizi, no. 1939). (Ce2/smn)


Suara Muslim

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.
Bagikan Kebaikan Artikel ini..Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comments

comments

Suara Muslim

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *