Mengintip Megahnya Kubah Raksasa Masjid Tooba Pakistan

Suaramuslim.net – Selain berfungsi sebagai tempat beribadah bagi umat Islam, masjid juga sering menjadi objek wisata karena bentuknya yang megah, unik, dan menawan. Salah satu yang dapat dinikmati adalah Masjid Tooba yang berlokasi di Karachi, kota terpadat di Republik Islam Pakistan.

Masjid Tooba terletak di Jalan Old Korangi, Kota Karachi. Hanya sekitar 200 meter dari stasiun Karachi. Warga lokal menyebut masjid ini sebagai Masjid Gol lantaran bentuknya yang bundar (bahasa Urdu untuk ‘bundar’ adalah Kul).

Saat mengunjungi masjid ini akan langsung terlihat jelas keunikan yang dimiliki. Masjid Tooba memiliki keistimewaan pada kubahnya yang terbilang raksasa. Kubah masjid ini berbentuk lingkaran sempurna dengan panjang garis tengah 72 meter.

Sedangkan bentuk bangunan Masjid Tooba lingkaran sempurna sehingga ujung temboknya menopang kubah raksasa. Tinggi tembok bangunan masjid ini kira-kira sama dengan tinggi kubah raksasa di atasnya. Dengan demikian, di dalam masjid tidak ada pilar-pilar penopang.

Karena besarnya kubah ini, keseluruhan bagian atas Masjid Tooba pun terlihat tertutup rata oleh kubah. Bahkan dari kejauhan, masjid ini agak mirip sebuah stadion sepak bola.

Selain keunikan dari kubahnya, Masjid Tooba juga memiliki keunikan lain yang disebabkan oleh besarnya masjid tersebut. Suara orang di ujung kubah akan memantul ke langit-langit sehingga terdengar oleh orang di ujung lain kubah Masjid Tooba.

Masjid Tooba diklaim sebagai masjid dengan kubah tunggal terbesar di dunia. Keseluruhan Masjid Tooba berwarna putih cerah. Jika terkena sinar matahari, kubah masjid ini tampak berkilauan dari luar. Dinding dan lantai Masjid Tooba dilapisi batu marmer yang juga berwarna putih. Oleh karena itu, nuansa elegan dan minimalis begitu terasa mendominasi tampilan keseluruhan Masjid Tooba.

Selain kubah, struktur yang ikut mempercantik masjid ini adalah menara setinggi 70 meter yang terletak di sisi barat. Adapun di bagian timur atau sebelum memasuki gerbang masuk masjid ini, terdapat kolam berwarna biru. Di kolam ini, terdapat dua air mancur dengan wadah yang berbentuk lingkaran. Pada kanan dan kiri kolam sepanjang 100 meter ini, terdapat bangunan beratap unik. Jika dilihat sekilas, atap berbentuk tanduk atau gelombang ini mirip struktur rangkaian bagonjong pada rumah khas Minangkabau, Sumatra Barat.

Bagikan Kebaikan Artikel ini..Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *