Pagaralam Masukkan Baca Tulis Al Quran di Eskul Sekolah Dasar

Suaramuslim.net – Ida Fitriati selaku Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel) menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomor 3 tahun 2016 tentang Baca Tulis Al Quran. Dimulai tahun ajaran 2016/2017 peraturan tersebut diterapkan di tingkat sekolah dasar (SD) yang mengharuskan siswanya sudah bisa membaca Al Quran.

Dikutip dari republika.co.id, saat ditemui pada hari Selasa (14/03/2017), Wali Kota Ida Fitriati, menuturkan, “Dari kunjungan ke sejumlah sekolah dasar, masih ditemukan sebagian siswanya belum bisa membaca Al Quran. Padahal Peraturan Wali Kota No 3 sudah mulai diterapkan sejak tahun lalu”.

Berdasarkan peraturan tersebut Ida Fitriati mengimbau sekolah dasar sederajat yang berada di kota dengan letak 275 km dari Palembang tersebut memasukan kegiatan baca tulis Al Quran sebagai bagian dari eskul sekolah.

Tak hanya itu, Ida juga mengimbau guru agama agar lebih lebih fokus dalam pelajaran agama, khususnya baca tulis Al Quran kepada siswa siswi yang belum sama sekali faham. Menurutnya, untuk mengerti tajwid bisa diajari menyusul.

“Tidak perlu siswa harus khatam Al Quran namun yang terpenting siswa bisa membaca huruf Alquran. Apa lagi ujian akhir tinggal beberapa bulan lagi,” ungkap Ida Fitriati.

Ida mengingatkan, harus dilakukan pemilihan bagi siswa yang belum bisa sama sekali membaca Al Quran sebagai tanggung jawab guru agama di sekolah dan tanggung jawab orang tua siswa di rumah.

“Di sekolah tanggung jawab guru agama salah satunya mengajarkan baca tulis Al Quran. Sama seperti mengajarkan membaca huruf abjad latin. Jadi jangan hanya mengajar ilmu dunia saja, ilmu akhirat juga perlu diajarkan kepada siswa sebagai umat Muslim,” tambahnya.

Ida juga meminta seluruh SD di daerahnya untuk memberikan pengajaran tentang baca tulis Al Quran pada peserta didiknya, sehingga ketika tamat atau lulus dari SD para peserta didik semuanya pandai membaca Al Quran.

Bagikan Kebaikan Artikel ini..Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *