Peluncuran Dan Pengukuhan Yayasan Penguat Peran Pesantren Indonesia (YP3I)

Tebuireng-Setelah sukses menyelenggarakan Rapat Akbar Aktualisasi Resolusi Jihad pada 5 November 2016 lalu, Pesantren Tebuireng Jombang menjadi tuan rumah peluncuran dan deklarasi Yayasan Pengutan Peran Pesantren Indonesia (YP3I) pada Sabtu, 18 Maret 2017 lalu. Pendiri YP3I diprakarsai oleh para pengasuh pesantren, pemerhati pesantren, kalangan cendekiawan dan pengusaha muslim Indonesia.
IMG-20170318-WA0015
Berangkat dari kesadaran akan semakin kompleks dan beragamnya tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia ke depan dan kekuatan ekonomi umat yang semakin termarjinalkan, serta dikhawatirkan akan berdampak pada ketahanan aqidah umat, para ulama, habaib, kiai dan cendikiawan melakukan urun rembuk guna mencari solusi untuk mengembalikan marwah pondok pesantren sebagai salah satu motor penggerak pembangunan bangsa, sebagaimana yang telah dilakukan para pendahulu sejak zaman penjajahan sampai dengan pasca kemerdekaan.

Pertumbuhan pondok pesantren yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan segala kelebihan  dan kekurangannya, merupakan potensi besar yang dapat ditumbuhkembangkan melalui sinergitas diantara pondok pesantren tersebut dalam usaha meningkatkan peran serta dan kontribusi nyata terhadap pembangunan bangsa Indonesia di massa yang akan datang.

 

IMG-20170318-WA0028
Dalam upaya untuk mewujudkan cita-cita mulia ini, dirasa perlu adanya wadah yang diikat dalam gerakan sinergi yang diwujudkan dalam wadah yang bernama Yayasan Peguatan Peran Pesantren Indonesia atau disingkatan YP3I.

Ketua Panitia Peluncuran dan Deklarasi YP3I Ustadz Dedy menyatakan, acara tersebut dihadiri oleh sekitar 700 pimpinan pesantren, pemerhati pesantren, kalangan cendekiawan dan pengusaha muslim Indonesia. “Para pengusaha yang tergabung dalam IIBF juga akan menggelar pamean dagang dan produk unggulan selama acara peluncuraan tersebut” kata Dedy.

Adapun visi YP3I adalah “Terwujudnya pesantren sebagai garda terdepan pembangunan bangsa”, denga tiga rumusan misi, yaitu :
1. Memperkuat peran pesantren sebagai benteng pembangunan karakter anak bangsa.
2. Mensinergikan kekuatan pesantren dalam pembangunan ekonomi ummat.
3. Memposisikan Pesantren sebagai salah satu kekuatan kepemimpinan bangsa.

(suaramuslim.net)

Suara Muslim

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *