Pentingnya Peran Ibu dalam Tumbuh Kembang Anak Laki-Laki

Suaramuslim.net – Dalam setiap rumah tangga, peran ibu sangat diperlukan. Sebaik-baiknya seorang ayah, dia tidak akan bisa menggantikan peran sebagai ibu. Kepekaan, kasih sayang dan kelemah-lembutannya, kodrat Ilahi inilah yang tak dimiliki oleh seorang pria. Bagi anak-anak, karena kesabaran dan kepekaannya, ibu sering dipakai sebagai tempat untuk mencurahkan segala beban dan permasalahan hidupnya, kadang pula kedekatan seorang anak terhadap ayahnya tidak bisa mengalahkan kedekatannya kepada si ibu.

Karakter seorang ibu sangat penting bagi setiap anak baik perempuan maupun laki-laki. Namun khususnya bagi anak laki-laki, ibu adalah cinta pertama dan sejatinya, sosok yang dapat mendidiknya untuk menjadi pribadi yang penuh kasih dan bertanggung jawab.  Ibu memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak laki-lakinya. Apa sajakah?

Ibu Berperan Penting dalam Tumbuh Kembang Anak

Mengajarkan kesabaran dan ketegaran

Sosok ibu umumnya menangani masalah dengan kesabaran.hal inilah yang  akan mengajarkan kepada anak, secara tidak langsung, agar mereka juga kuat mengatasi permasalahan yang akan dihadapinya kelak ketika sudah dewasa nanti.

Mengajarkan sikap lemah lembut

Seorang anak laki-laki yang tumbuh tanpa seorang ibu, umumnya akan menjadi seseorang yang kasar, kurang peka terhadap diri sendiri, tidak menghargai orang lain serta lingkungan sekitarnya. Disinilah ibu perlu hadir sebagai sosok yang mengajarkan kelembutan dalam bersikap tanpa harus menghilangkan sisi ketegasannya.

Sebagai sosok yang bersikap netral

Dalam konflik rumah tangga, seringkali ibu menjadi satu-satunya orang yang harus berdiri netral. Ibu menjadi sosok penengah dan pendamai perselisihan antara anak dengan ayah atau anak dengan saudaranya. Sikap netral ini kemudian akan ditiru anak laki-lakinya agar dapat memperlakukan saudara maupun istrinya kelak dengan baik.

Menjadi penasihat yang baik

Ada kalanya seorang anak akan bimbang ketika akan mengambil sebuah keputusan untuk yang pertama kalinya. Tak heran ibu memberikan banyak nasihat dan pertimbangan bagi anak agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Dari sinilah anak laki-laki akan belajar untuk tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Sebisa mungkin mereka akan mencontoh sosok ibu yang dalam mengambil keputusan.

Suara Muslim

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *