Kenali Penyakit Hati, Sembuhkan dengan Obat Ini

0
5
Kenali Penyakit Hati, Sembuhkan dengan Obat Ini

Suaramuslim.net – Hati adalah bagian yang sangat penting dari manusia. Karena hati yang menentukan baik buruknya seseorang. Berikut ini paparan tentang beberapa penyakit hati dan obatnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “….Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati.” (HR Imam Al-Bukhari)

Sebaliknya, orang yang dalam hatinya ada penyakit, sulit menerima kebenaran dan akan mati dalam keadaan kafir. “Orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya yang telah ada dan mereka mati dalam keadaan kafir.” (At Taubah 125)

Berikut ini macam-macam penyakit hati:

Riya atau Suka Pamer

Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” (Qs Al Baqarah 264)

Hasad, Iri dan Dengki

Ketiga jenis penyakit ini hampir sama. Perasaan hasad atau iri adalah orang yang tidak suka jika seseorang mengalami kebahagiaan. Sementara perilaku atau sifat dengki lebih parah lagi, ia bukan hanya tidak senang jika seseorang mendapatkan kebahagiaan, ia juga akan mendoakan agar kebahagiaan hilang dari orang tersebut dan berpindah pada dirinya.

Sombong atau takabur

Perilaku sombong atau takabur sangatlah tidak disukai Allah subhanahu wa ta’ala. Seseorang yang sombong biasanya akan merasa bangga pada dirinya dan apa yang dimilikinya dan menganggap remeh orang lain. Tidak ada manusia di dunia ini yang diperbolehkan memiliki sifat sombong karena hanya Allah sajalah yang diperbolehkan untuk sombong karena Ia pemilik langit dan bumi.

Ujub

Ujub adalah sifat yang suka membangga-banggakan diri atas apa yang ia miliki sementara apa yang ia miliki tersebut tidaklah ia sadari merupakan karunia Allah ta’ala. Sifat ujub bisa merusak hati dan cenderung membuatnya sombong.

Bakhil atau Kikir

Allah berfirman, “Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Qs Al Imran : 180)

Mengobati Penyakit Hati

 Sebagaimana penyakit lainnya, sakit hati seperti yang dijelaskan di atas pun ada obat yang bisa menyembuhkannya. Obatnya, persis seperti yang ada dalam syair lagu berjudu obat hati  yang dinyanyikan Opick. Simak uraian berikut ini.

Pertama, membaca Al-Qur’an dan merenungkan maknanya. Di saat mulai merasa kesal dan sakit hati cobalah untuk membaca Al-Qur’an dan merenungkan maknanya agar hati kita dapat menjadi lebih tenang.

Kedua, mendirikan shalat malam. Ketika tidak mampu membuang segala rasa kebencian dan kesedihan di dalam hati, dirikanlah shalat malam atau yang sering kita sebut shalat tahajud. Sepertiga malam adalah sebaik baik waktu untuk bercerita pada Allah atas segala kisah.

Ketiga, berkumpul dengan orang-orang sholeh. Berkumpul dengan orang-orang shaleh adalah salah satu cara menjaga hati. Mengapa? Karena orang sholeh tahu bagaimana memperlakukan orang lain. Karena orang sholeh tahu betul sepenting apa menjaga kehormatan saudaranya. Dengan berkumpul dengan mereka, kita akan juga belajar bagaimana memperlakukan saudara kita. Secara tidak langsung, kita akan mengobati penyakit hati yang sudah ada.

Keempat, perbanyak berpuasa. Dengan berpuasa maka hawa nafsu dapat terkendali, termasuk hawa nafsu untuk menjadi iri, dengki dan hasad kepada saudara seiman.

Kelima,  berzikir dan berdo’a dengan merendahkan diri di hadapan Allah. Ketika merasa sedang terjangkit penyakit hati maka cepatlah untuk mengingat Allah dan berzikirlah dengan menyebut namanya, lebih-lebih di sepertiga malam terakhir. Karena dengan berzikir hati akan menjadi lebih tenang. (muf/smn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here