Peran Ayah dalam Perkembangan Anak Perempuan

Suaramuslim.net – Pada dasarnya, baik sosok ayah dan ibu memiliki peran yang sama pentingnya dalam mendidik anak. Secara umum, pengasuhan akan lebih banyak dilakukan oleh ibu, mengingat ayah lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah untuk bekerja. Meski demikian, peranan ayah juga tetap dibutuhkan dalam mendidik anak, tak terkecuali untuk anak perempuan.

Biasanya, seorang ayah memiliki peranan yang tidak terlalu menonjol dalam mengasuh anak karena kesibukannya dalam bekerja. Bahkan banyak Ayah yang harus berangkat kerja sebelum anak-anaknya bangun, dan pulang ke rumah setelah sang anak tertidur. Kondisi inilah yang membuat intensitas sang ayah dalam berinteraksi dengan anaknya sangat sedikit. Pada akhirnya, sang ayah tidak memiliki banyak peranan di dalam tumbuh kembang anaknya.

Peran Penting Ayah Untuk Anak Perempuan

Bagi anak perempuan, sosok ayah memiliki banyak peranan penting dalam tumbuh kembangnya. Apa sajakah?

Menunjukkan Rasa Cinta

Kunci utama untuk menjadi seorang ayah yang baik adalah dengan menunjukkan rasa cinta kepada anak perempuannya. Tidak perlu malu untuk menunjukkan rasa sayang kepada anak sendiri. Rasa saying tersebut dapat diwujudkan dengan sebuah senyuman, pelukan, sentuhan, atau lewat kalimat yang mengisyaratkan Anda benar-benar mencintainya. Perilaku seperti ini akan mempengaruhi perilakunya saat memiliki suami.

Menunjukkan Rasa Hormat

Satu hal yang sangat penting dalam mengembangkan karakter anak perempuan agar dapat tumbuh menjadi gadis yang dewasa adalah dengan belajar untuk menghormati orang lain. Hal ini dapat dimulai dengan sang ayah yang menunjukkan kasih sayangnya pada ibu. Anak akan belajar dari apa yang dilihatnya ketika ia kecil.

Sang anak akan mengamati keharmonisan yang diperlihatkan oleh ayah dan ibunya. Jika sang Ayah tidak bisa menghormati istrinya, seperti suka memerintah, tidak mau mendengarkan pendapat istri, hingga melakukan kekerasan, maka hal ini akan memberikan efek buruk terhadap perkembangan psikologis sang anak perempuan.

Memberikan Pelajaran Asmara

Pada umumnya, sosok ayah menjadi role model bagi anak perempuannya dalam mencari pasangan hidup. Mereka akan menggunakan sosok ayahnya sebagai tolak ukur untuk melihat kualitas dari seorang pria.

Selain itu, seorang ayah juga memiliki peranan sebagai sumber informasi yang bisa dipercaya oleh anaknya, utamanya dalam urusan asmara. Ayah perlu memberikan petunjuk dan bimbingan, terutama menjawab hal-hal yang sensitif dan tabu. Hal ini berfungsi agar sang anak tidak berpotensi salah pergaulan.

Bagikan Kebaikan Artikel ini..Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *