Semakin Sehat dengan Menjalankan Puasa Ramadhan

0
27

Suaramuslim.net – Puasa tak hanya perintah ibadah, namun juga resep cinta dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk menjaga kesehatan umat Islam. Selain memberi manfaat rohani, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan jasmani.  Di bawah ini merupakan dampak puasa bagi kesehatan.

Manfaat berpuasa bagi kesehatan bukanlah  isapan jempol belaka, sudah dibuktikan secara empiris melalui berbagai penelitian yang dilakukan oleh banyak ilmuwan di dunia, termasuk Indonesia.

Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Tingkat trigliserida (TG) mengalami penurunan rata-rata 15 persen dan 10,9 % penurunan  pada kolestrol low-density lipoprotein (LDL) pada jantung di waktu puasa. Kedua hal tersebutlah yang yang merupakan faktor resiko serangan jantung. Tingginya kadar LDL dalam darah sangat berbahaya bagi kesehatan jantung karena dapat menimbulkan plak dan menyebabkan penyempitan pembulu darah koroner. Akibatnya jantung akan kesulitan dalam memompa darah. Kondisi seperti ini disebut sebagai jantung koroner. Dengan turunnya kadar LDL maka resiko serangan jantung juga akan menurun.

Membuat Ginjal Sehat

Berkurangnya konsumsi air pada saat puasa membuat ginjal akan semakin maksimal bila bekerja dengan menghadap kekuatan osmosis urin yang mencapai 1000 hingga 12000 ml. Dan itu akan menyebabkan ginjal menjadi lebih sehat. “Ginjal berfungsi menyaring kotoran, tak berguna lainnya di dalam tubuh melalui urine setiap hari. Jika puasa, volume urine akan berkurang dan ginjal dapat beristirahat sejenak. Sehingga puasa dapat menjaga kesehatan ginjal, terutama bagi mereka yang sudah memiliki penyakit ginjal,” ungkap ahli penyakit dalam RS. Cipto Mangungkusumo (RSCM) dr. Ari Fahrial Syam SpPD K-GEH MMB FINASIM FACP pada republika.co.id.

Baik untuk Detoksifikasi

Berbagai macam asupan makanan ke dalam tubuh  terkadang adalah makanan yang tidak sehat, sangat wajar bila di dalam tubuh manusia terdapat timbunan racun yang dapat memicu terjadiya berbagai penyakit. Dr. Oz mengatakan bahwa,  “Puasa adalah salah satu bentuk detoksifikasi racun-racun yang ada di tubuh. Puasa juga salah satu bentuk detoksifikasi paling alami dan natural yang dapat dilakukan, daripada melakukan diet tertentu.”  Dengan puasa, tubuh secara alami mengeluarkan racun-racun yang terdapat di dalamnya.

Puasa Baik Bagi Mental

“Puasa erat kaitannya dengan kesehatan mental karena dapat dijadikan kontrol yang dapat mencegah kita dari sikap keji dan mungkar,” papar Psikolog Universitas Indonesia (UI) Dadang Hawari. Menurutnya, puasa secara moral juga mengajarkan supaya dapat berbuat baik, tidak hanya sekadar menahan lapar dan dahaga, tetapi juga dapat mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar.

Menurunkan Kolestrol

Berpuasa juga dapat menurunkan kolestrol, dengan berpuasa total kolestrol akan berkurang 10 %  termasuk didalamnya penurunan LDL sebesar 15%, dan penurunan trigliselida 30%. Dengan perubahan tersebut di dalam tubuh, itu dapat mengurangi jumlah kolestrol tubuh. (muf/smn)