Tahukah Anda? Ternyata 5 Peralatan Dapur Ini Punya Waktu Kadaluwarsa

75
peralatan masak, kadaluarsa peralatan dapur, pisau buah

Suaramuslim.net – Tak sedikit dari kita yang menganggap hanya buah, sayur, dan makanan kemasan yang memiliki tanggal kadaluarsa. Ternyata, peralatan masak yang ada di dapur kita juga memiliki masa pakai dan waktu kadaluwarsa. Jika peralatan ini terus-menerus digunakan, maka akan menjadi peralatan masak yang sudah tidak layak pakai dan dapat membahayakan kesehatan.

Lantas peralatan masak apa saja yang dimaksud dan kapan sebaiknya kita menggantinya? Berikut penjelasannya:

1. Sendok sayur kayu

Sendok sayur yang terbuat dari kayu memiliki masa kadaluarsa 5 tahun. Sendok bahan dasar kayu ini banyak digunakan karena selain alami, ia juga tahan panas dan tidak berbahaya. Namun perlu Anda ketahui bahwa endok kayu yang mudah menyerap air dan mudah berjamur jika ditaruh di tempat lembab bisa jadi sarang bakteri jika sudah dipakai lama. Jadi buang dan ganti dengan yang baru setiap 5 tahun sekali.

2. Spatula plastik

Spatula plastik memiliki masa kadaluarsa 2 tahun. Sendok yang digunakan untuk adonan kue ini mudah tergores dan jadi sarang bakteri jika tidak bersih. Terlebih, jika terkena minyak, mentega atau krim berlemak jadi sulit dibersihkan. Gantilah spatula plastik Anda jika sudah 2 tahun karena jika sudah lama digunakan, biasanya elastisitas plastik pada spatula berkurang. Spatula jadi agak kaku dan tidak lentur lagi.

3. Pisau buah

Masa kadaluarsa dari pisau buah sama seperti spatula plastik, yaitu 2 tahun. Pisau yang biasa terbuat dari stainless steel ini tidak setajam pisau daging dan ketika sudah sering dipakai akan mudah tumpul. Jangan lupa untuk mengasahnya seminggu sekali dan gantilah dengan yang baru setelah 2 tahun.

4. Wajan anti lengket

Setelah 2-3 tahun, Anda perlu mengganti wajan anti lengket dirumah. Semakin sering dipakai, wajan jadi mudah tergores dan mengelupas. Penggorengan yang sering disebut teflon ini perlu diganti setiap 2-3 tahun sekali. Jika Anda ingin teflon lebih tahan lama, jangan sampai menggosoknya dengan benda tajam atau menggunakan spatula saat memakai wajan ini.

5. Talenan

Masa kadaluarsa talenan normalnya adalah 3 tahun. Namun jika Anda menggunakan talenan kayu, ganti setiap setahun sekali, apalagi jika Anda setiap hari memasak. Talenan rawan sekali tergores pisau dan menjadi sarang bakteri jika Anda memotong sayur, buah, terutama daging.

Untuk menjaga kesehatan, selain melakukan rutinitas menyehatkan, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal sepele seperti mengganti peralatan masak. Pastikan alat-alat masak di dapur Anda bersih dan steril saat digunakan sehingga terbebas dari bakteri dan sarang penyakit.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here