Tips Bersihkan 6 Masalah di Dapur dengan Garam

57
masalah dapur, garam, tips dapur

Suaramuslim.net – Sudah menjadi tugas seorang istri untuk mengurus keperluan rumah, termasuk menyiapkan makanan. Makanan yang tersaji setiap hari akan lebih membuat keluarga bahagia jika istri yang memasak. Selain menjadikan keharmonisan dalam rumah tangga, memasak sendiri juga memiliki nilai ekonomis. Namun saat memasak, berbagai permasalahan di dapur banyak bermunculan dan terkadang kita tidak tahu cara mengatasinya. Sudahkah Anda tahu bahwa selain berfungsi sebagai bumbu, ternyata garam juga memiliki manfaat lain? Garam dapat digunakan untuk membersihkan benda-benda dan masalah yang muncul di dapur.

1. Panci besi

Munculnya kerak, gosong, dan segala bekas masakan yang menempel di panci ternyata dapat diatasi dengan garam. Caranya adalah dengan menggosok bagian kerak maupun gosong dengan garam yang kasar dan lap. Setelah digosok, biarkan kurang lebih 10 menit, dan kemudian bilas hingga bersih.

2. Kerak di gelas atau kaca

Bagi Mitra Muslim yang ketika mandi maupun mencuci peralatan makan mendapati kerak putih bekas air, Anda dapat menggunakan garam untuk menghilangkannya. Tuang air panas dan gosok dengan garam, biarkan 5 menit kemudian bilas hingga bersih.

3. Bekas kopi dan teh

Bekas kopi dan teh seringkali menjadi permasalahan karena susah dibersihkan. Namun Anda tak perlu khawatir lagi karena dengan menggosoknya menggunakan garam dan sedikit sabun cuci piring, bekas tersebut akan hilang. Gosok hingga bersih dan bilas seperti biasa.

4. Talenan

Talenan yang kita gunakan sering menimbulkan bekas setelah digunakan. Cara termudah membersihkan talenan dari bakteri dan sisa makanan adalah menggosoknya dengan garam dan lemon. Gosok-gosok merata dan biarkan kurang lebih 3 menit, kemudian bilas bersih.

5. Bak cuci piring

Wastafel atau bak cuci piring akan mudah dibersihkan dengan garam dan lemon atau cuka. Caranya yaitu tuang 1 sdm garam, 1 sdm cuka/sepotong lemon, kemudian gosok merata hingga kotoran terangkat.

6. Menghilangkan gelembung sabun

Ketika kita tidak sengaja menuang terlalu banyak sabun cuci piring akan menimbulkan busa meluap. Untuk mengurangi busa/ gelembung sabun tersebut, taburkan garam di atasnya. Garam membantu mengurangi busa sehingga tidak tumpah ke mana-mana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here