Tips Jitu Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Suaramuslim.net – Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan banyak asupan gizi seimbang dan kalori yang mencukupi. Namun tak sedikit orang tua yang memiliki kesulitan karena sang anak yang memiliki nafsu makan sedikit. Lantas bagaimana cara meningkatkan nafsu makan pada anak?

Dikutip dari klikdokter.com, dr. Theresia Rina Yunita menuturkan, “Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Jika sang anak cukup aktif (sering berlari-lari dan bermain), maka ia membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Sehingga total kalori yang dibutuhkan sang anak sekitar 1400 kalori setiap harinya.”

Ketahui Penyebab Anak Tidak Mau Makan

Dokter There menjelaskan bahwa hal tersebut dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi.

Untuk meningkatkan nafsu makan anak, perlu diketahui terlebih dahulu beberapa hal yang menyebabkan anak tidak mau makan, yaitu:

  • Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Misalnya saja permen, minuman ringan, coklat, yang mengakibatkan ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.
  • Meminum susu terlalu banyak. Setelah anak berusia 1 tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal yang wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja, yang mana mudah didapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangi konsumsi susu pada anak usia 1 tahun menjadi hanya 2 gelas sehari.
  • Bosan dengan menu makan ataupun penyajian makanan. Orang tua dapat mencoba untuk memberikan variasi menu makanan dengan baik.
  • Anak sedang dalam fase ‘negativistik’. Orang tua perlu untuk membina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak, jangan memaksa anak untuk makan.
  • Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan karena anak sedang sakit atau sedang sedih.

Langkah Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Menurunnya nafsu makan pada anak badut (bawah dua tahun) adalah hal normal yang terjadi. Namun para orang tua cenderung memberikan makan dengan waktu seperti bayi (usia kurang dari 1 tahun), yaitu setiap 3 jam. Langkah-langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk meningkatkan nafsu makan anak:

  1. Memberikan susu hanya pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur
  2. Memberikan buah maupun jus buah pada pukul 9-10 pagi
  3. Pada siang hari, berikan nasi lembek dengan sayur dan daging cincang
  4. Untuk sore hari berikan roti dengan jus buah atau nasi lembek.
Bagikan Kebaikan Artikel ini..Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *