Tips Menyiapkan Menu Berbuka yang Menyehatkan

26
tips berbuka menyehatkan, berbuka puasa, menu berbuka puasa

Suaramuslim.net – Setiap muslim pasti akan memilih berbagai menu puasa untuk membatalkan puasanya. Namun tak sedikit yang salah memilih menu untuk berbuka. Banyak yang memilih menu yang tidak sehat bagi tubuh.

Menu Berbuka yang Menyehatkan

Berikut tips menyiapkan menu menyehatkan saat berbuka puasa

Berbuka dengan kurma dan segelas air

Kurma baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Kurma mengandung konsentrat gula dan beragam jenis nutrisi.

“Salman bin Amir Radhiallahu anhu bercerita bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda: jika salah seorang diantara kalian hendak berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering. Jika tidak ada maka minumlah air putih karena air putih itu membersihkan.” (HR. At Tirmidzi)

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat

Biji-bijian maupun sereal mengandung kalori dan gula yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa. Menu berbuka yang mudah dihidangkan dapat berupa roti isi. Roti isi yang terdiri dari sayuran dan daging mengandung cukup nutrisi, beragam vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

Jangan berlebihan ketika berbuka

Saluran pencernaan membutuhkan waktu  memproses makanan setelah mengalami kekurangan kalori akibat berpuasa. Oleh karena itu jangan berlebihan ketika berbuka. Berbuka puasa secara berlebihan dapat menyebabkan permasalahan lambung.

Pelanlah saat memakan dan kunyahlah makanan secara proporsional. Terlebih makan berlebihan tidak sesuai dengan adab islami.

Meminum dan mengkonsumsi lebih banyak cairan

Minumlah air dengan jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Air akan membantu ekskresi racun dan membantu pencernaan. Selain itu, jus buah segar adalah sumber gula, vitamin dan mineral.

Anda juga dapat mengkonsumsi sop ayam atau semur. Makanan ini kaya protein, yang berfungsi membangun jaringan atau massa otot. Lebih dari itu, dapat mencegah tubuh dari mendapatkan kelelahan dengan mudah. Sop juga merupakan sumber nutrisi yang baik dan elektrolit yang membantu mencegah kelelahan dan dehidrasi.

Segerakan berbuka

Berbuka di waktu yang tepat adalah aspek penting dalam Ramadhan, karena menundanya tanpa keperluan, adalah tidak disarankan.

“Sahl bin Sa’ad -radhiyallahu ‘anhu- meriwayatkan bahwa Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda, “Orang-orang akan terus berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” [HR Al Bukhari dan Muslim]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here