Tips Siap Siaga dalam Persiapan Idul Fitri

0
8
persiapan idul fitri

Suaramuslim.net – Hanya dalam hitungan hari, Idul Fitri akan segera tiba. Semua anggota keluarga sibuk mempersiapkan momen besar ini. Terutama seorang ibu, ia akan berpikir segalanya dengan cermat dan praktis. Berikut ini beberapa tips siap siaga dalam persiapan Idul Fitri.

Catat Kebutuhan Lebaran

Kebutuhan lebaran tentunya sangat banyak. Agar tidak ada yang terlewat atau beli dobel, sebaiknya setiap kebutuhan lebaran dicatat dengan teliti. Jika kebutuhan lebaran sudah terpenuhi tandai catatannya sehingga kita tahu mana yang sudah siap dan mana yang belum.

Membeli Kebutuhan Lebaran Lebih Awal

Umumnya orang akan membeli kebutuhan lebaran ketika sudah mendekati hari H, akibatnya pusat perbelanjaan akan sesak dan kita tidak bisa selesai dalam berbelanja. Belum lagi, harga barang-barang tentu saja mengalami kenaikan. Sebaiknya kita membeli keperluan lebaran jauh-jauh hari sehingga bisa leluasa memilih dan harga pun cenderung masih normal.

Menabung 

Keperluan lebaran sangat banyak dan juga tidak terduga, membuat kita memerlukan simpanan dana lebih. Apalagi jika berniat mudik ke kampung halaman tentunya kebutuhannya akan jauh lebih besar. Memiliki tabungan khusus lebaran merupakan solusinya. Kita bisa menyiapkan celengan khusus, setiap selesai belanja sisa uang belanja hari itu langsung dimasukkan ke celengan. Jika setahun dikumpulkan, dana yang terkumpul mungkin akan sangat membantu.

Menyimpan Stok Daging

Di hari raya, daging seolah menjadi menu wajib. Akibatnya setiap orang akan berburu daging. Efeknya harga daging akan melambung tinggi. Alangkah baiknya kita membeli daging jauh hari sebelum lebaran, sehingga mendapatkan daging dengan harga yang masuk akal dibandingkan saat mendekati lebaran.

Daur Ulang Pakaian

Lebaran identik dengan baju baru. Menjadi sebuah kelaziman ketika mendekati lebaran harga-harga baju melonjak tajam, karena memang permintaan yang tinggi. Sebelum memutuskan untuk membeli baju ada baiknya membuka lemari pakaian dan memilih pakaian yang masih bagus. Bisa jadi Anda tidak perlu membeli baju, cukup dengan mengenakan baju lama yang masih bagus. Biar terlihat baru bisa disiasati dengan penambahan aksesoris atau padu-padan dengan kerudung yang berbeda.

Membuat Bumbu Instan

Sibuknya kegiatan menjelang lebaran kadangkala membuat hal yang instan diperlukan. Belum lagi jika bertepatan hari H lebaran, para penjual sudah langka ditemukan. Bumbu masak misalnya. Sebaiknya jauh-jauh hari kita mempersiapkan dengan cara membeli bumbu-bumbu tersebut kemudian dihaluskan dan digoreng sebentar kemudian simpan di lemari pendingin. Lebih baik lagi jika kita sudah menentukan menu apa yang akan dibuat nanti sehingga bumbu yang dibuat bisa disesuaikan.

Membuat Kue Lebaran Homemade

Membuat kue lebaran sendiri jauh lebih murah, bisa empat kali lipat lebih murah. Membuat kue lebaran homemade tentunya bisa menekan pengeluaran cukup banyak.

Bijak Merayakan Lebaran

Esensi dari lebaran adalah kita kembali menjadi fitrah setelah sebulan berpuasa, segala dosa terhapus dan kita menjadi pribadi yang lebih baik. Sehingga merayakan lebaran tidak perlu berlebihan dengan berfoya-foya dan memaksankan diri. Jika memiliki kelebihan rezeki lebih baik berbagi dengan fakir miskin, sehingga harta kita lebih berkah. Demikian tips menjadi ibu siaga dan cerdas dalam mempersiapkan Idul Fitri. (muf/smn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here