Alat-alat make up. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Make up memang menjadi prioritas sehari-hari bagi para perempuan untuk menunjang penampilan mereka agar terlihat tetap cantik. Dengan adanya make up, tentunya rasa percaya diri akan semakin meningkat. Tapi, terkadang penggunaan make up yang tidak tepat juga dapat membuat kamu terlihat lebih dewasa dari usia yang seharusnya lho.

Inilah 11 kesalahan yang banyak dilakukan perempuan dalam ber-make up.

1. Menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF tinggi

Tak ada gunanya menggunakan sunscreen ber-SPF tinggi untuk sehari-hari, karena kamu pun tetap harus mengoleskannya setiap 2-3 jam sekali. Jadi, meskipun menggunakan SPF 50, bukan berarti kulitmu bebas terpapar sinar matahari selama seharian.

2. Tidak menghapus make up sebelum tidur

Tidur tanpa menghapus make up dapat berdampak buruk bagi kulit. Saat tidur, harusnya wajah dalam keadaan bersih sehingga kulit bisa bernapas dengan lega. Nah, jika make up dan kotoran masih menempel, pori-pori kulitmu pun akan tersumbat dan dapat menimbulkan jerawat.

3. Menggunakan concealer terlalu banyak

Untuk membuat kesan matte yang sempurna, banyak dari kita yang menggunakan concealer terlalu banyak. Jika kamu memilih warna yang salah dan mengaplikasikannya terlalu banyak, maka setiap bekas jerawat akan makin terlihat dan hasilnya wajahmu akan terlihat lebih tua. Untuk menghindari kesalahan ini, banyak penata rias artis merekomendasikan untuk mengaplikasikan foundations secukupnya saja.

4. Menggunakan maskara berlebih pada bagian bawah

Menggunakan maskara pada bulu mata bawah bisa memberimu kesan yang ekspresif. Namun terlalu banyak menggunakan maskara pada bulu mata bawah akan membuat setiap orang menatap bawah matamu dan kerutan sekitar mata akan semakin terlihat. Sebaiknya gunakan maskara secukupnya saja.

5. Memilih warna lipstik yang salah

Tak perlu ditanyakan lagi, lipstik bisa membuat imej seseorang semakin menonjol. Tak ada salahnya untuk berkesperimen dengan warna yang menyala dan berani. Namun jangan lupa, jika bibirmu memang sudah berisi dan penuh, sebaiknya kamu hindari warna gelap untuk lipstikmu. Tak perlu warna gelap-gelap, cukup gunakan lip liner untuk membentuk bibir.

6. Teknik pengaplikasian contour yang salah

Teknik contour wajah memang salah satu hal yang tersulit untuk dilakukan. Salah-salah bisa bikin bentuk wajah kita jadi terlihat aneh dan tidak proporsional.

Agar bisa mengetahui teknik contour yang sesuai banget untuk bentuk muka kita emang butuh latihan yang rutin. Pastikan memilih warna contour yang nggak terlalu gelap, ya! Patokannya yaitu dua tingkat lebih gelap dari warna kulit/foundation yang kita gunakan.

7. Kebanyakan pakai highlighter

Penggunaan highlighter memang bikin wajah kita terlihat glowing. Tapi, bukan berarti dengan penggunaan highlighter yang banyak akan membuat riasan wajah jadi makin oke!

Penggunaan hightlighter yang over di permukaan kulit wajah yang bertekstur justru akan mempertegas benjolan seperti jerawat, lho! Selain itu, warna kulit kita jadi terlihat enggak merata, serta bisa mempertegas garis-garis halus juga!

8. Bentuk alis yang nggak natural

Alis on fleek dengan bentuk yang terlalu menyudut bukannya bikin tampilan makin oke, malah bikin kita terlihat aneh! Pastinya kita ingin alis terlihat lebih berisi dan rapi, namun pastikan riasan alis tetap terlihat natural, ya!

Itu tadi beberapa kesalahan make up yang sering dilakukan para pemula. Mulai sekarang jangan pernah diulangi lagi ya, girls, biar riasan terlihat makin oke! 

9. Warna eyeshadow yang tidak membaur

Jika kamu termasuk yang belum terlalu mahir dalam menggunakan eyeshadow, lebih baik gunakan dua warna eyeshadow dengan tone warna yang sama dan tidak mencolok. Jika menggunakan eyeshadow dan tidak dibaurkan secara sempurna hasilnya akan terlihat menor. Setelah menggradasikan dua warna, pastikan eyeshadow selalu kamu baurkan di pertemuannya agar hasilnya terlihat soft.

10. Merias mata dan bibir secara berlebihan

Merias mata dan bibir secara berlebihan adalah kesalahan besar dalam make up, karena justru akan membuat penampilanmu tampak tua dan kurang wajar. Sebenarnya, kamu hanya perlu memilih salah satu antara mata atau bibir. Jika riasan mata sudah terkesan glamor, maka sebaiknya riasan bibir dibuat lebih natural begitu pun sebaliknya.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.