Anies, TGB dan Rizal Ramli Diperidiksi Ramaikan Pilpres 2019

Anies, TGB dan Rizal Ramli Diperidiksi Ramaikan Pilpres 2019

Anies TGB dan Rizal Ramli Diperidiksi Ramaikan Pilpres 2019
Suasana diskusi Kedai Kopi

Jakarta (Suaramuslim.net) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur NTB Tuan Guru Bajang dan Rizal Ramli diprediksi akan ramaikan Pilpres 2019. Hal ini disampaikan oleh Hendri Satrio pendiri Lembaga Survei Kedai Kopi (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) dalam acara Ngopi Bareng dari Sebrang Istana pada Rabu (03/01) di Jakarta.

“Nama-nama seperti Samad, Gatot, Rizal Ramli, Tuan Guru Bajang, Tito Carnavian, Anies Baswedan dan nama-nama tokoh lainnya kami prediksi memiliki peluang untuk meramaikan persaingan 2019 selain nama Jokowi dan Prabowo. Nama-nama ini sering muncul saat diskusi kelompok terfokus dan survei, ” kata Hendri Satrio.

Menurut Hendri Satrio di banding nama lainnya, Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo berpotensi menjadi penantang kuat Jokowi di Pilpres 2019. Sedangkan nama-nama seperti Abraham Samad, Tito Karnavian, Rizal Ramli dan Tuan Guru Bajang hanya berpotensi sebagai calon wakil presiden.

“Posisi cawapres Jokowi lebih ramai diperebutkan dibandingkan capres penantang atau cawapres penantang. Mungkin karena jadi Cawapres Jokowi jalannya lebih menurun menuju kemenangan bila dibandingkan posisi menantang,”¬†tambah Hendri.

Di sisi yang lain, Tuan Guru Bajang dianggap berpeluang maju ke level nasional dan juga dianggap sebagai representasi Islam. Namun, menurut Hendri, sulit kemungkinan bagi partai Demokrat untuk mendorong TGB maju karena saat ini Demokrat sibuk mendorong Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment