Dua Imigran Muslim Jadi Anggota Kongres Di Amerika Serikat

6
Dua Imigran Muslim Jadi Anggota Kongres Di Amerika Serikat Foto: Aksi

CHICAGO (Suaramuslim.net) – Dua perempuan muslim di Amerika Serikat (AS) asal Partai Demokrat berhasil mengukir sejarah baru. Keduanya berhasil menjadi anggota resmi Kongres AS. Pemilihan Umum tersebut diselenggarakan pada Selasa (6/11). Mereka berdua adalah Ilhan Omar dan Rashida Tlaib.

Seperti di lansir dari laman AFP Rabu (7/11), Omar menjadi anggota House of Representatives dari Negara Bagian Minnesota dengan meraup 78,4 persen suara. Pengungsi dari Somalia itu terpilih setelah mengalahkan kandidat dari Partai Republik Jennifer Zielinski yang hanya mendapat 21,6 persen.

-Advertisement-

Omar menggantikan Keith Ellison, Muslim pertama yang menduduki posisi Kongres. Adapun Ellison mengikuti pemilihan Jaksa Minnesota.

Selain merupakan perempuan Muslim pertama, Ilhan Omar, politisi berusia 36 tahun yang datang ke AS 20 tahun silam itu juga merupakan anggota Somalia-Amerika pertama.

Sementara Tlaib merupakan politisi dari Detroit yang memenangkan kursi House of Representatives dari Negara Bagian Michigan. Politisi keturunan Palestina itu bakal mengisi kursi John Conyers dari Partai Republik yang mundur tahun lalu karena tuduhan pelecehan seksual.

Baca Juga :  Selain Amerika Empat Negara Ini Yang Memiliki Hak Veto Di PBB

Tlaib merupakan perempuan Muslim pertama yang menjabat sebagai anggota badan legislatif Michigan dalam satu dekade ini.

Respons selamat diucapkan secara langsung oleh Imam Shamsi Ali, imam Islamic Center of New York yang berasal dari Indonesia. Ia mengungkapkan kegembiraannya melalui laman Instagram pribadinya.

“Malam ini patut berbangga karena banyak hal. Salah satunya karena sejarah baru terjadi untuk komunitas Muslim Amerika. Dua wanita muda Muslimah terpilih jadi anggota Kongres Amerika. Rashidah dan Ilhan, keturunan Palestina dan Somali, dua negara yang kita kenal bagaimana gitu…tapi Allah mentakdirkan lain,” tulisnya.

Di laman Twitter, Oman mengucapkan selamat kepada Rashida Tlaib atas kemenangannya. Menurutnya Tlaib merupakan pengkritik utama Presiden Donald Trump, dan pernah dipenjara di 2016 karena mengganggu pidato Trump di Detroit.

“Selamat kepada saudaraku Rashida Tlaib atas kemenangannya. Saya tak sabar ingin bekerja sama denganmu. Insha Allah,” ujar Omar di Twitter.

Terpilihnya Tlaib dan Omar membuat jumlah politisi Muslim di Kongres menjadi tiga orang.
Sebelumnya, Andre Carson, juga dari Demokrat, kembali terpilih di Negara Bagian Indiana.

Baca Juga :  Yusuf Qardawi: Apa Arti Palestina Tanpa Al-quds?

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.