Terik Menyengat, Peserta Silaturahim 212 Tetap Antusias

0
60
Terik Menyengat, Peserta Silaturahim Naional 212 Tetap Antusias

Suaramuslim.net – Terik matahari yang menyengat tak mampu menyurutkan semangat peserta yang hadir di kegiatan Halal bi Halal dan Silaturahim Nasional Spirit 212 yang digelar di PP. Al-Ishlah, Bondowoso, Ahad (23/7). Para peserta itu hari dari berbagai kota.

Sekitar 20.000 peserta yang berasal dari berbagai kota hadir. di antaranya, Surabaya, Banyuwangi, Situbondo, Lombok, dan berbagai kota lainnya telah memenuhi lokasi acara sejak pukul 06.00 pagi tadi. Menginjak pukul 08.30 peserta masih terus berdatangan hingga memenuhi ruas jalan utama akses menuju pondok.

“Saudara sekalian, meski matahari terasa sangat panas, kita tidak akan berpgeser sedikitpun, karena kita hadir karena Allah, Pencipta kita. Demi Allah, kita adalah umat yang dicintai oleh Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,” ujar Ustadz Muhammad Sholeh Drehem, Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Jawa Timur menyemangati para peserta.

Berdasarkan laporan panitia, sebagian besar peserta yang berasal dari luar kota juga sudah berada di sekitar lokasi acara sejak malam tadi.  Mereka memenuhi masjid-masjid yang telah disiapkan oleh panitia.

Peserta Halal bi Halal 212, terlihat memasuki lokasi acara dengan tertib. Para peserta mengikuti instruksi dari panitia yang menempatkan ikhwan dan akhwat secara terpisah. Di lokasi acara, juga sudah diturunkan keamanan di beberapa titik untuk memastikan kondisi tetap aman selama berjalannya kegiatan. “Para aparat keamanan seperti PAM GUIB, KOKAM, Tapak Suci, Laskar Bela NKRI, Satuan Pengamanan Pesantren, sudah berada dilokasi sejak pagi tadi,” ujar panitia.

Ia menambahkan, bahwa Polres Bondowoso juga telah hadir untuk mengawasi jalannya acara Halal bi Halal 212 di Bondowoso.

Saat ini, para tokoh Nasional juga sudah  hadir di tengah-tengah peserta Silaturahim 212 Nasional. Para tokoh yang sudah hadir diantaranya, Prof. Dr. Amin  Rais, Letnan Jendral Prabowo Subianto, KH. Bachtiar Nasir dan beberapa tokoh lainnya.

Berbagai Fasilitas Tersedia di Lokasi Acara

Tak hanya menyediakan masjid-masjid dan pendopo sebagai tempat peristirahatan jama’ah yang berasal dari luar kota. Berbagai elemen yang ikut serta mendukung berlangsungnya acara ini, juga menyediakan beberapa fasilitas umum bagi peserta halal bi halal.

Beberapa fasilitas yang dapat diakses oleh peserta antara lain, spot charger gratis yang disediakan oleh IKADI Bondowoso, ribuan sarapan gratis yang disediakan oleh PP. Al Ishlah Bondowoso. “Alhamdulillah, konsumsi ini mendapat donasi dari berbagai pihak,” kata salah satu panitia yang membagikan makanan.

Tak hanya itu, dari pengamatan suaramuslim.net, panitia juga telah menyediakan beberapa posko kesehatan yang di bagi di dua lokasi yaitu lokasi putra (ikhwan) dan lokasi putri (akhwat).

Tak hanya memperhatikan, keamanan, fasilitas umum dan konsumsi peserta, dalam hal ini panitia juga amat memperhatikan kebersihan. Pagi ini, sudah terlihat tim dari Ikadi turun ke lokasi untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan. (muf/smn)