Indonesia Jadi Tuan Rumah Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama Dunia

Indonesia Jadi Tuan Rumah Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama Dunia

Indonesia Jadi Tuan Rumah Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama Dunia
Menteri Agama Lukman hakim Saifuddin saat diwawancarai wartawan (Foto: Dok Suaramuslim.net/ Ali Hasibuan)

Jakarta (Suaramuslim.net) – Indonesia akan menjadi tuan rumah Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia yang akan digelar pada awal Mei 2018. Hal ini disampaikan Menag Lukman Hakim Saifudin saat memberikan orasi ilmiah pada Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-50 UIN Sunan Gunung Djati di Bandung.

“Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia tentang wasatiyah Islam ini akan dihadiri tidak kurang dari 50an delegasi muslim dunia,” terang Menag di Bandung, Selasa (10/04), dikutip dari laman resmi Kemenag.

Nantinya, menurut Menag para delegasi tersebut akan duduk bersama untuk merumuskan konsep peradaban dunia dan juga akan melihat langsung model beragama Islam di Indonesia.

“Mereka akan duduk bersama merumuskan konsep peradaban dunia dan implementasinya, dengan terutama belajar dari kehidupan keagamaan di Indonesia,” tambah Menag.

Lebih lanjut, Menag mengatakan bahwa event ini akan menjadi kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk secara pro aktif mempromosikan karakter keagamaan muslim Indonesia yang lebih moderat, toleran, dan mampu berdialog dengan keragaman.

“Di hadapan saudara-saudara muslim kita di seluruh dunia, kita harus memiliki kepercayaan diri sebagai muslim Indonesia yang teguh dengan keyakinan dan ajaran-ajaran dasar dalam Islam, tapi juga bangga dengan budaya, peradaban, dan kearifan lokal kita sendiri. Kita tetap bisa menjadi muslim yang baik, tanpa harus menanggalkan identitas dan jati diri kebudayaan kita sebagai bangsa Indonesia,” paparnya.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!