Inilah Makanan dan Minuman Bagi Penduduk Surga

Inilah Makanan dan Minuman Bagi Penduduk Surga

Steak daging sapi. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Untuk orang yang percaya kepada hari akhir tentu pasti sudah mengetahui adanya hari pembalasan saat manusia akan ditempatkan di dua tempat bisa di surga atau di neraka tergantung bagaimana amal dan ibadah masing-masing.

Surga merupakan tempat balasan bagi orang-orang yang lebih banyak amal baik dibanding amal buruknya. Makanan yang disediakan di surga pun berbagai macam dilansir infoyunik, salah satu kenikmatan yang akan dirasakan adalah menu makanannya.

“(Dikatakan kepada mereka), ‘Makan dan minumlah kamu dengan rasa nikmat sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan.” (Al Mursalaat: 43).

Namun tahukah kamu? Ternyata hidangan pertama yang Allah sajikan spesial untuk penduduk surga adalah bagian yang paling nikmat, yaitu hati ikan. Hal ini dijelaskan dalam beberapa hadits.

Imam Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Sa’id Al Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda,

” … Allah menggenggamnya dengan tangannya, seperti salah seorang dari kalian menggenggam rotinya di kala safar sebagai jamuan bagi penduduk surga.”

Datanglah seorang Yahudi lalu mengatakan, “Semoga Ar Rahman memberkahimu wahai Abul Qosim (Nabi Muhammad), maukah engkau aku beri tahu mengenai jamuan penduduk surga pada hari kiamat? Nabi menjawab, “Tentu saja.”

Yahudi melanjutkan “Maukah engkau aku kabarkan lauk-pauk mereka (penduduk surga)?

Rasulullah dan para sahabat mengatakan, “Apakah lauk-pauk mereka?” Yahudi menjawab, “Sapi dan ikan, penduduk surga memakan bagian yang paling nikmat seperti hati sapi dan ikan, bahkan lebih nikmat 7000 kali lipat.” (Misykatul Mashobih, 18: 136).

Berikut ini makanan dan minuman yang diberikah Allah bagi para penguhuni surga kelak yang dikutip dari muslimahdaily.

1. Air kafur

Setelah melewati lintasan Mahsyar dan kesulitan-kesulitan lainnya di akhirat, para penghuni surga akan disuguhkan minuman berupa air kafur. Jenis minuman ini berasal dari mata air telaga Al Kautsar, yakni sumber mata air yang sangat jernih dan luas yang ada di surga.

Rasulullah bersabda:

“Al Kautsar adalah sungai yang dijanjikan Rabbku ‘Azza wa Zalla untukku. Di sana, terdapat kebaikan yang banyak. Ia adalah telaga yang akan didatangi umatku pada hari kiamat. Jumlah bejananya sebanyak bintang-bintang.” (HR. Muslim).

Allah berfirman mengenai keutamaan air kafur:

“Susungguhnya, orang-orang yang berbuat kebajikan akan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur, (yaitu) mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah, yang mereka memancarkan dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Insaan: 5-6).

2. Air jahe

Minuman terbaik kedua yang akan dihidangkan bagi penghuni surga adalah air jahe. Tentu air jahe yang ada di surga jauh lebih baik daripada yang ada di dunia. Dalam Al Qur’an, jahe disebut sebagai zanjabil. Kelak, penghuni surga akan dijamu dengan campuran air jahe dari mata air surga Salsabil.

Allah berfirman:

“Di dalam surga itu, mereka diberi segelas minuman berampur jahe, (yang diditangkan dari) sebuah mata air yang dinamakan Salsabil.” (Al Insaan: 17-18).

3. Khamr yang tidak memabukkan

Di dunia, khamr memang dilarang karena dapat menyebabkan mabuk. Namun, di surga nanti, Allah memperbolehkan hamba-Nya meminum khamr sepuas-puasnya. Tentu khamar di surga tidak memabukkan dan jauh lebih istimewa daripada yang ada di dunia.

Allah berfirman:

“Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamr dari sungai yang mengalir. (Warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. Di dalamnya, (khamar itu), tidak ada (unsur) yag memabukkan dan mereka tiada mabuk karenanya.” (Ash-Shafaat: 45-47).

4. Air susu dan madu

Air susu dan madu memang sudah mahsyur dikisahkah menjadi minuman para penghuni surga. Keduanya merupakan minuman yang tersedia lewat sungai-sungai di surga.

“Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, di sana ada sungai-sungai yang yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan), yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya, mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih, sehingga usus-ususnya terpotong-potong.” (Muhammad: 15).

Allah juga berfirman:

“Dan, sesungguhnya, pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya, (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (An-Nahl: 66).

Kemudian Allah juga berfirman:

“Kemudian, makanlah dari segala (macam) buah-buahan. Lalu, tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya, pada yang demikian itu, benar-benar terdapat tanda (Kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berpikir.” (An-Nahl: 69).

5. Daging burung

Selain dilimpahi dengan kenikmatan minuman, para penghuni surga kelak akan disuguhkan makanan berupa daging burung yang lezat, nikmat, dan berigizi.

Allah berfirman:

“Dengan membawa gelas, cerek, dan minuman yang diambil dari air yang mengalir, mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk. Dan buah-buahan apa pun yang mereka pilih, dari daging burung apa pun yang mereka inginkan.” (Al Waqiah: 18-21).

6. Buah-buahan

Selain daging burung, Allah juga menjamu tamu-Nya dengan buah-buahan yang tidak berhenti berbuah. Para penghuni surga tidak perlu memanjat untuk memetiknya, karena buah tersebut dapat dipetik dari dekat.

Allah berfirman:

“Dan buah-buahannya banyak, yang tidak berhenti (berbuah) dan tidak terlarang mengambilnya.” (Al Waqi’ah: 32-33).

Allah juga menjelaskan macam buah-buahan apa saja yang terdapat di surga.

“Di dalam kedua surga itu, ada buah-buahan, kurma, dan delima.” (Ar-Rahman: 68).

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.