Inilah Manfaat Jus Alpukat

111
Inilah Manfaat Jus Alpukat untuk Tubuh | Suaramuslim.net

Suaramuslim.net – Siang hari pada musim kemarau, panas matahari membakar permukaan bumi. Udara pun menjadi panas dan tubuh menjadi gerah berkeringat. Tenggorokan pun terasa kering, ingin dialiri minuman yang segar-segar. Nah, bila suasana itu melanda, apa kira – kira yang bisa membuat tubuh segar kembali? Dari semua pilihan jawaban, pasti di antaranya terdapat “minum es jus”. Masya Allah, pasti segar rasanya.

Minuman jus buah mudah ditemukan di mana pun. Baik di desa maupun di kota. Jika kita berjalan – jalan ke manapun, rasanya tak sulit kita temukan jus buah. Harganya pun ramah di kantong. Umumnya, harganya antara 10 sampai 20 ribu rupiah. Atau bila kita ingin berhemat, kita dapat  membuatnya sendiri. Caranya pun mudah.

-Advertisement-

Memang jus buah banyak sekali ragamnya. Ada jus apel, mangga, durian, dan lain sebagainya. Namun, di antara semua pilihan tersebut, biasanya jus alpukat lah yang paling laris manis. Rasa buahnya yang unik, tekstur dagingnya yang lembut, dipadukan lelehan coklat yang nikmat, pasti membuat semua orang yang melihat terpikat.

Baca Juga :  Tips Hilangkan Pori-Pori Besar dengan Putih Telur dan Alpukat

Namun, adakah manfaat alpukat bagi kesehatan? Dalam buku “Ensiklopedia Jus Buah dan Sayur untuk Penyembuhan”, disebutkan bahwa ternyata selain mampu menyegarkan tenggorokan yang kehausan,  alpukat juga kaya kandungan gizi.  Secara umum, alpukat berfungsi menurunkan kolesterol darah, trigliserida, dan lemak tak jenuh. Buah bernama latin Persea Americana Mill ini juga mampu mengatasi kulit kering dan mal nutrisi. Asam lemak alpukat mampu memberikan lubrikasi atau pelicin secara alami pada tulang-tulang persendian tubuh. Seperti leher, siku, pergelangan tangan, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki. Hal tersebut dapat menjaga kelenturan otot-otot sendi.

Alpukat juga mampu mengembalikan nutrisi yang hilang karena diet atau kurang gizi. Oleh karena itu, alpukat dikenal sebagai buah yang berguna untuk mengembalikan stamina tubuh.

Dalam sebuah penelitian, alpukat bermanfaat bagi kesehatan hati (liver). Pada eksperimen terhadap tikus, didapat kesimpulan bahwa sari atau jus alpukat sangat efektif untuk mengobati virus hepatitis yang menyerang hati. Selain itu,buah ini efektif untuk melawan sel kanker. Adanya zat kateteroid dan tokoferol pada alpukat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Alpukat juga mengandung glutation yang sangat berguna untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan sel. Juga dapat membersihkan radikal bebas sehingga dapat mencegah penyakit kanker lebih dini.

Baca Juga :  Manfaat Alpukat bagi Tubuh

Sulitkah membuat jus alpukat sendiri? Ternyata tidak. Membuatnya mudah dan siapapun pasti bisa membuatnya. Pertama, tentu disiapkan bahan peralatan yang dibutuhkan. Cuci bersih alpukat yang sudah disiapkan. Kupas alpukat dan potong kecil. Lalu masukkan ke dalam blender. Campurkan es dan gula secukupnya, kemudian mulailah diblender. Jika sudah halus, tuangkan ke dalam gelas. Jus alpukat segar, lezat, dan kaya manfaat siap dinikmati.

Kontributor: Mohammad Efendi *
Editor: Oki Aryono

*Pendidik di SD Al Hikmah Full Day School Surabaya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here