Ma'ruf Amin Minta MUI Tidak Terlibat Politik Praktis
Ketua MUI KH. Ma'ruf Amin (Foto: Istimewa)

DEPOK (Suaramuslim.net) – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma`ruf Amin menyatakan peran ulama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI) sangat penting.

“Sejak zaman pra kemerdekaan hingga sekarang, ulama memiliki kontribusi yang amat besar. Ulama punya tanggung jawab besar menjaga agama dan NKRI,” kata Kiai Ma`ruf dalam keterangan tertulisnya seperti yang dikutip dari kantor berita ANTARA, Rabu (06/01).

Ulama, lanjutnya, juga berperan penting dalam melakukan kaderisasi menyiapkan santri-santrinya sebagai pewaris keilmuannya.

“Ulama dalam menjaga agama, tugasnya antara lain, menyiapkan para santri untuk menjadi ulama dan meneruskan perjuangan para ulama pendahulunya,” katanya.

Kiai Ma`ruf melihat pondok pesantren (ponpes) merupakan lembaga pendidikan para santri untuk nantinya menjadi ulama dan kiai. Maka dari itu, harus ada perhatian lebih terhadap ponpes.

“Pondok pesantren tersebar di seluruh wilayah Indonesia, tapi banyak pondok pesantren yang berusaha berdiri secara mandiri tanpa bantuan pemerintah,” katanya.

Menurutnya, sarana dan prasarana di Pondok pesantren banyak yang tertinggal. Berbeda jauh sarana dan prasarana pada pendidikan umum.

Baca Juga :  Pahlawan Berlatar Ulama

“Ke depan, kehadiran RUU Ponpes diharapkan menjadi triger peningkatan kualitas SDM, sarana dan prasarana ponpes,” pungkas Kiai Ma’ruf.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here