Lebih Percaya Diri Berbekal 11 Tips Memiliki Tubuh Ideal
Ilustrasi varian makanan sehat. (Ils: Dribbble/Ilias Sounas)

Suaramuslim.net – Setiap orang tentu mendambakan memiliki tubuh yang ideal. Tubuh ideal akan membuat penampilan tampak lebih menawan sehingga dapat meningkatkan percaya diri. Selain itu, memiliki berat badan yang ideal juga menjadi salah satu cara menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit akibat obesitas atau kekurangan gizi. Ada beberapa tips memiliki tubuh ideal yang bisa kamu lakukan.

  1. Olahraga

Olahraga adalah tips pertama untuk memiliki tubuh ideal. Banyak alternatif olahraga mudah yang bisa ditempuh. Salah satunya adalah dengan berjalan kaki, menggunakan sepeda dibanding kendaraan bermotor atau naik tangga dibandingkan menggunakan lift. Jogging di pagi hari atau bermain buku tangkis juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tidak sempat pergi ke tempat olahraga.

  1. Perbanyak aktivitas fisik

Tips selanjutnya agar tubuh tetap ideal adalah perbanyak gerak dan hindari duduk diam dalam jangka waktu lama. Terlalu lama duduk akan berpengaruh pada kesehatan tulang belakang, menyebabkan postur tubuh membungkuk, menurunkan kecepatan metabolisme dan kelancaran peredaran darah. Lebih lanjut, hal tersebut dapat meningkatkan risiko kenaikan gula darah dan penumpukan lemak di perut.

Baca Juga :  Belajar Trik Bernegosiasi dari Steve Jobs

Jika kamu termasuk pekerja kantor yang duduk diam di belakang meja dalam jangka waktu lama, tinggalkan meja setiap satu jam. Lakukan peregangan ringan atau berjalan-jalan sebentar.

  1. Konsumsi cukup air putih

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumi 8 gelas air per hari. Jika kamu ingin alternatif minuman lain selain air putih, kamu bisa mengonsumsi jus buah dan susu rendah lemak atau minuman sehat lainnya. Selain itu, minumlah sambil duduk agar penyerapan cairan dapat maksimal.

  1. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering dan kunyah makanan secara perlahan

Makan secara perlahan merupakan cara untuk mendengarkan sinyal tubuh agar makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Hindari melakukan aktivitas lain saat makan agar kita dapat mengontrol porsi makanan yang kita makan.

  1. Variasikan menu makanan

Mengonsumsi beragam jenis makanan adalah cara lain untuk mempertahankan bobot tubuh ideal. Makan banyak jenis makanan lebih baik dibandingkan sedikit menu dengan jumlah yang banyak. Perbanyak makanan yang memenuhi unsur kecukupan gizi dan kurangi makanan yang mengandung pewarna, pengawet, pemanis, dan penyedap rasa.

Baca Juga :  3 Tips Puasa Ramadhan Aman bagi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Sebagai tambahan, konsumsi suplemen alami dari makanan untuk menjaga agar tubuh tetap ideal. Suplemen alami tersebut antara lain asam lemak omega 3 (dari ikan), omega 6 (dari kedelai, jagung), omega 9 (dari 1 sdm minyak zaitun per hari, alpukat dan kacang rebus), serta fitosterol 2 mg/hari (dari kacang-kacangan dan biji-bijian).

  1. Kurangi gula atau makanan manis dan berkarbohidrat

Konsumsi gula, makanan manis atau makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, mi, dan umbi-umbian dalam porsi yang wajar. Konsumsi karbohidrat secara berlebihan hanya akan membuat tubuh mudah kenyang tapi cepat lapar kembali. Sebab, karbohidrat cepat dicerna tubuh menjadi energi.

  1. Hindari makan di atas pukul 19.00 atau tiga jam sebelum tidur

Jika kamu merasa lapar pada jam-jam tersebut, konsumsi protein yang mengenyangkan atau cukup dengan buah dan jus buah sehingga berat badan terjaga.

  1. Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran

Penuhi kebutuhan buah dan sayur setiap hari agar tubuh cukup serat. Konsumsi buah dan sayur akan membantu buang air besar menjadi lancar dan tubuh tidak mengalami penumpukan lemak untuk menjaga agar tubuh tetap ideal.

  1. Jaga kondisi pikiran agar tidak stres
Baca Juga :  Tips Mengirim Motor ke Kampung Halaman

Beberapa orang, terutama wanita, akan cenderung mengonsumsi makanan dalam porsi besar saat sedang stres. Makanan manis seperti coklat menjadi teman favorit di kala kondisi pikiran sedang risau dan galau. Maka dari itu, jaga pikiran agar tetap rileks dan optimis.

  1. Berpuasa

Puasa menjadi cara untuk memperbaiki pola makan agar lebih terkendali dan teratur. Berpuasa dapat memberi kesempatan pada organ pencernaan untuk beristirahat sehingga fungsi kerjanya menjadi lebih optimal.

  1. Istirahat yang cukup dengan waktu yang teratur

Usahakan istirahat siang dan tidur 7-8 jam saat malam.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.