Membuat Mie Sehat Sendiri Yuk…!

227

Suaramuslim.net – Mie instant, dari namanya saja sudah mengindikasikan bahwa menu makanan itu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sudah banyak yang tahu bahwa makanan cepat saji alias makanan instant memiliki dampak buruk bagi tubuh. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu, makanan instant bisa menyebabkan aneka jenis penyakit mengerikan.

Pakar kesehatan di seluruh dunia sepakat menyatakan bahwa mengonsumsi mie instant terlalu sering bisa menyebabkan obesitas, kerusakan hati, tekanan darah tinggi dan penyakit berbahaya lainnya. Ini disebabkan adanya kandungan lilin yang melapisi mie instant. Disamping itu, bumbu mie instant juga mengandung MSG dalam takaran berlebih, sehingga tidak baik untuk tubuh.

-Advertisement-

Sayangnya, meski membahayakan kesehatan, faktanya kebanyakan orang tetap setia dengan makanan satu ini. Apalagi buat mereka yang berada di perantauan alias lagi tinggal di kosan, pasti tidak bisa jauh dengan mie instant. Nah, bagi kalian pecinta makanan khas satu ini, rasanya sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena kalian bisa menyulap mie instant menjadi hidangan sehat dan bergizi, mie sehat. Kalian hanya perlu mengkombinasikan mie dengan aneka sayuran dan lauk yang pastinya padat nutrisi. Kalian juga bisa meracik bumbu sendiri dengan kandungan bahan alami dan menyehatkan. Berikut ini deretan hasil kreasi mie sehat yang dilansir dari laman perutgendut.com, (27/2).

Baca Juga :  Makanan Berpengawet yang Haram Dikonsumsi

Mie Instan Salad Sayuran

Bagi kalian yang takut obesitas karena terlalu sering mengkonsumsi mie, maka sekarang tidak perlu merasa was-was. Kombinasi daun selada dalam mie yang kita buat membuat berat badan tetap terjaga dan mengatasi sembelit. Selain selada, kita bisa campurkan bahan lain seperti wortel yang kaya akan vitamin A, paprika dan tomat yang padat vitamin A dan C.

Burger Mie

Di Indoneisa, burger merupakan jenis makanan favorit kebanyakan orang dari berbagai kalangan dan umur. Bahkan, sebagian orang menjadikannya sebagai menu utama, pengganti nasi. Nah, bagi kalian pecinta Mie, bisa mengkreasikannya dengan burger.

Untuk lapisan tengah, kita bisa berikan beberapa jenis vegetarian seperti jamur, sawi atau sayuran lainnya dan juga daging. Sementara untuk mie, kita bisa letakkan di lapisan luar atau atas. Namun sebelumnya kita sudah mencampur mie dengan telur agar mudah dibentuk dan dipanaskan.

Pecel Mie

Pecel, menu makanan yang sudah tidak asing lagi, khususnya bagi warga Jawa Timur. Harganya cukup murah dibandingkan dengan makanan lain, akan tetapi pecel kaya akan kandungan gizi dan vitamin yang tentu saja menyehatkan tubuh kita.

Baca Juga :  Kotak Kecil Pendamping saat Travelling

Tak ada salahnya kalau kita mengkombinasikan pecel dengan mie instant. Ini bakal jadi salah satu variasi makanan yang unik dan menyehatkan. Selain bumbu kacangnya yang khas, pecel terdiri dari beberapa sayuran bergizi. Seperti kangkung dan bayam yang mengandung vitamin A, B kompleks dan vitamin C. Ada juga toge atau kecambah dan kacang panjang yang banyak mengandung vitamin E.  Kita sudah tidak lagi mmerlukan bumbu mie instans, namun menggantinya dengan bumbu pecel.

Tentu saja sebenarnya masih banyak lagi variasi olahan mie instan yang jauh lebih sehat. Karena setiap satu sendok makanan yang masuk ke dalam mulut kita tidak hanya harus halal, akan tetapi juga diutamakan baik (halalal thoyyiban). Selagi bisa mengkombinasikan dengan bahan yang alami dan sehat, kenapa tidak!

Oleh: Siti Aisah
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here