Muslim Singapura Kurban di Indonesia Untuk Warga Terdampak Pandemi, Bencana dan Rawan Akidah

Muslim Singapura Kurban di Indonesia Untuk Warga Terdampak Pandemi, Bencana dan Rawan Akidah

Pada masa PPKM ini, Perdaus bukan sekadar memberikan kambing kurban, mereka juga memberikan beras bekerja sama dengan Laznas LMI di Malang.

MALANG (Suaramuslim.net) – Ukhuwah Islamiyah tidak terbatas negara. Ia hadir untuk menyatukan, bukan memisahkan. Perbedaan garis negara, kebudayaan, keseharian, bukan menjadikan ukhuwah itu berbeda, melainkan semakin menguatkan.

Hal itulah yang diyakini warga Singapura, Radja Muzaffar Shah Bin Raja Rosli. Dalam kurun waktu 10 tahun ini, ia mendistribusikan hewan kurban di Indonesia. Memberikan daging yang terbaik untuk masyarakat Indonesia, dari warga muslim Singapura.

“Indonesia merupakan negara jiran yang kami ingin dahulukan, walaupun memang banyak lagi kawasan yang memerlukan dukungan. Sebagaimana yang disarankan Al-Qur’an, rezeki haruslah diberikan kepada tetangga terdekat,” ujar pria yang menjabat sebagai Executive Officer Perdaus Singapura tersebut, Rabu (21/7/2021).

Radja Muzaffar menambahkan bahwa Perdaus menyalurkan hewan kurban ke luar negeri karena di Singapura tempat dan hewannya sangat terbatas.

“Perdaus adalah salah satu dari puluhan penyedia kurban di Singapura. Walau dengan sekian banyak penyedia kebaikan ini, kami masih mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat Islam di Singapura pada saat pandemi. Ini menunjukkan masyarakat Islam Singapura bersedia menegakkan syiar Islam dan sedia mendukung masyarakat yang memerlukan di Indonesia pada saat genting ini,” tambahnya.

Pada masa PPKM ini, Perdaus bukan sekadar memberikan kambing kurban, mereka juga memberikan beras.

“Kami juga memberikan beras sebanyak 715 pcs, setiap pcs seberat 10 kg. Sebab, PPKM ini kami melihat banyak masyarakat, khususnya di Malang, perlu bantuan bahan makanan pokok,” tegasnya.

Ia berharap, kerja sama ini masih akan berlanjut hingga tahun-tahun yang akan datang.

“InsyaAllah, jika diberi peluang, kami cukup berbesar hati untuk terus bekerja sama dengan Laznas LMI untuk Qurban 2022 dengan peluang untuk memenuhi keperluan masyarakat Islam di Malang juga. Kami sangat gembira dapat sama-sama bergandengan meringankan beban para penduduk di sana, walaupun sedikit,” harapnya.

Perdaus Singapura berkolaborasi dengan Laznas LMI. Direktur Program Pendistribusian & Pemberdayaan Laznas LMI, Guritno, berharap kolaborasi ini menjadi simbol persaudaraan muslim antarnegara yang akan terus terlaksana setiap tahunnya.

“Alhamdulillah, Laznas LMI dipercaya untuk menyampaikan amanah ini sejak tahun 2017. Semoga terus bermanfaat bagi sesama,” katanya.

“Kemarin kami menghitung ada ratusan ekor domba yang dikirim, dan penerima manfaatnya sebanyak 5.600 masyarakat, olahan daging ini akan dibagikan se-Malang Raya, terlebih untuk daerah Malang yang beberapa waktu lalu terkena bencana. Selain itu ada juga bantuan beberapa ratus paket beras.” Pungkasnya.

Adapun lokasi penyembelihan kurban sendiri berada di Pesantren Daarul Ukhuwah Malang.

Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.