Nanas Madu, Buah Sejuta Umat yang Kaya Manfaat
Ilustrasi buah nanas madu.

Suaramuslim.net – Pernahkah Kamu mencoba buah yang satu ini? Hmm meski berukuran lebih kecil namun nanas madu memiliki rasa yang lebih legit dibandingkan dengan jenis nanas lainnya loh, apalagi dari kesegarannya pastinya tidak diragukan lagi deh. Nanas madu berbentuk  agak bulat mungil dan bewarna kuning pekat. Teksturnya lembut dan berserat, serta banyak mengandung air. Terlebih lagi saat memakannya tak perlu dipotong kecil-kecil karena ketika memakannnya dalam potongan yang besar, menambah kelezatan dan kesegaran dari si nanas mungil ini, Kress!

Sekarang ini kamu bisa menemukannya di pasar tradisional maupun di supermarket, bahkan banyak dijual dipinggir jalan. Nanas madu ini biasanya dijual per buah dan ada juga yang sudah dikupas, jadi nggak perlu susah-susah kan?

Buah yang dapat dijadikan pencuci mulut atau sekadar camilan sehari-hari ini bisa langsung dimakan setelah dikupas atau bisa dibuat jus maupun es campur. Nah, selain menyegarkan, nanas madu juga menyehatkan lho.  Secara umum nanas yang satu ini disebut bermanfaat baik jika dikonsumsi bagi orang yang berkolesterol tinggi. Benarkah? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Jansen Ongko, MSc, RD, nanas madu merupakan buah yang kaya vitamin C dan mangan.

Baca Juga :  Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma Muda

Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya berkhasiat menstabilkan kolesterol dalam tubuh, menjaga sistem kekebalan tubuh, melawan flu dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Sementara, kandungan mangan nanas madu mampu memecah asam amino dan protein dalam tubuh manusia. Fungsi mangan juga sebagai penurun kadar gula dan mencegah diabetes. Nanas sering disebut buah sejuta umat, karena hampir semua orang menyukai buah yang menyegarkan dan menyehatkan satu ini,

Berikut 7 manfaat lain dari buah nanas jika dikonsumsi secara teratur.

1. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang sehat membutuhkan makanan yang mengandung kadar serat yang tinggi, nanas adalah pilihan tepat yang mampu melancarkan pencernaan tubuh. Saluran pencernaan yang baik memastikan mineral dan vitamin yang ada pada makanan terserap sempurna. Yang nantinya juga mampu membuang bakteri yang dapat merugikan metabolisme tubuh.

2. Memperkuat Tulang

Kandungan mangan pada nanas dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tulang manusia. Setidaknya dengan mengonsumsi 1 buah nanas sudah dapat memenuhi sekitar 73% kebutuhan mangan dalam tubuh untuk kesehatan tulang.

Baca Juga :  Naqi’, Minuman Sehat Favorit Rasulullah

3. Mencegah dan Meringankan Batuk Pilek

Batuk dan pilek sangat rentan terjadi pada semua usia, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Nanas dengan kandungan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan sistem imun tubuh manusia dengan memfilter bakteri dan virus yang berusaha masuk ke dalam sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, nanas madu sangat cocok sebagai buah penjaga kesehatan.

4. Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi dan gigi yang kuat menghindarkan pada sakit nyeri atau pembengkakan yang terjadi pada gusi. Sedangkan, kandungan vitamin C pada nanas dapat mengurangi rasa sakit tersebut.

5. Mengurangi Mual

Untuk Kamu, wanita yang sedang mengalami haid atau bagi yang melakukan perjalanan jauh, mengonsumsi nanas merupakan solusi yang tepat. Cukup konsumsi 2-3 potong nanas, insyaallah rasa mual akan segera hilang.

6. Menu Diet

Manfaat nanas juga bisa dirasakan oleh Kamu yang ingin menurunkan berat badan atau sekadar ingin menjaga bentuk badan, mengonsumsi nanas madu sangat tepat, nanas mengandung sekitar 85% air dan kaya serat sehingga bisa mengurangi porsi makan tanpa takut kekurangan vitamin, mineral dan air.

Baca Juga :  Ini Aplikasi Wajib Untuk Jaga Kesehatan Tubuh Setelah Lebaran

7. Mengurangi Nyeri Haid

Rasa sakit saat datang bulan sangat menyiksa bagi kaum wanita. Maka dari itu mengonsumsi nanas dengan porsi sedang atau beberapa potong saja dapat mengurangi rasa nyeri. Hal itu dikarenakan adanya kandungan antioksidan, bromelain, dan mangan yang ada pada nanas.

Wah, ternyata selain rasanya yang super legit dan menyegarkan bagi tubuh, nanas madu punya manfaat yang sangat besar ya guys. Memang tidak salah bahwa nanas banyak disukai oleh semua kalangan.

Kontributor: Fadhli Rachman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.