Ini Sebab Mengapa Online Dipilih untuk Mengembangkan Bisnis

19
Ini Sebab Mengapa Online Dipilih untuk Mengembangkan Bisnis

Suaramuslim.net – Di zaman modern saat ini segala aspek bersaing untuk menjadi yang terdepan. Perkawinan silang antara teknologi dan bisnis semakin banyak diminati. Mengapa? Berikut ulasannya.

Memadukan teknologi dalam pengembangan bisnis dipilih karena dianggap bisa menurunkan biaya produksi. Tentu saja hal ini tidak berlaku pada segala jenis usaha, tetapi dalam bisnis yang bergerak pada bidang fabrikasi atau perakitan, perkembangan teknologi sangatlah penting.

Saat ini, teknologi pengolahan bahan dan perangkat fabrikasi sudah sampai pada taraf yang sangat tinggi dan hal itu pastinya akan meningkatkan kapasitas produksi. Hal ini akan sangat menguntungkan bentuk usaha yang bergerak pada bidang-bidang yang memang membutuhkan pengolahan bahan dan sistem fabrikasi yang cukup rumit seperti misalnya pabrik handphone atau karoseri.

Peningkatan Jangkauan Promosi

Salah satu yang paling terasa dari pesatnya perkembangan teknologi, terutama di sektor informasi, adalah cakupan promo yang semakin luas. Sepuluh atau duapuluh tahun silam, branding menjadi tantangan yang sangat susah untuk dihadapi dan membutuhkan pendanaan yang tidak sedikit.

Tetapi saat ini, bisnis telah mengenal digital marketing dan internet marketing. Dengan adanya internet, biaya promosi bisa sangat ditekan yang pada akhirnya akan membuat harga barang ataupun jasa yang dipromosikan menjadi lebih murah. Dengan membuat beberapa iklan online saja, atau bisa juga menggunakan website, informasi dari produk atau jasa yang menjadi subjek promosi akan tersampaikan ke khalayak ramai dengan mudah dan murah.

Penurunan Modal Usaha

Beberapa tahun silam sebelum ada e-comerce, untuk membuat sebuah usaha dagang atau distribusi dibutuhkan modal yang cukup banyak. Namun semenjak mencuatnya era toko online, saat ini kita bisa membuat sebuah toko online bahkan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Dengan bantuan situs yang memang bergerak dalam bidang pembayaran dan transaksi dana via online. Konektivitas dengan internet saat ini berkembang pesat dan menjadi salah satu tulang punggung bisnis Indonesia.

Munculnya Financial Technology Mendorong Bisnis UKM

Financial Technology adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi di bidang keuangan yang akan memudahkan sebuah bisnis. Kemunculan Financial Technoloogy ternyata juga dapat mendorong bisnis skala kecil atau lebih dikenal dengan sebutan Usaha Kecil Menengah.

Kepala Ekonomi SKHA Institute for Global Competitiveness (SIGC) Eric Sugandi menuturkan, meski tidak semua wirausaha di Indonesia saat ini langsung bersinggungan dengan dunia financial technology (fintech), tapi ke depannya fintech bisa mendorong bisnis mereka.

“Misalnya untuk payment via mobile phone dan internet,” ujar Eric pada Republika.

Dalam kaitannya dengan fintech, lanjut Eric, yang mesti dan sedang dikerjakan pemerintah adalah mendorong para wirausahawan ini untuk melek teknologi dan memfasilitasi penggunaan teknologi untuk bisnis mereka. Pemerintah bisa bekerjasama dengan OJK untuk mendorong penggunaan fintech di kalangan wirausahawan, juga memfasilitasi kerjasama wirausahawan ini dengan perbankan.

Dengan demikian, diharapkan jumlah wirausaha Indonesia semakin bertambah. Apalagi sektor UMKM dinilai memberikan dampak yang sangat besar terhadap perekonomian.
Sebelumnya Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengatakan, Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) adalah gerakan yang tumbuh dari bawah sehingga memiliki fondasi yang kuat untuk berkembang.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here