Sekjen Asosiasi Dosen Indonesia, Dr. Amirysah Tambunan bersama peserta pelatihan guru se-kota Tangerang, Kamis (21/3).

TANGERANG (Suaramuslim.net) – Sekjen Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Dr. Amirsyah Tambunan mengatakan, dunia pendidikan Indonesia saat ini menghadapi tantangan multidimensi.

Di antara yang memprihatinkan adalah ketika pelajar melakukan tindak kriminal dan dekat dengan zat-zat adiktif yang terlarang.

Karena itu, para tenaga pendidik dituntut memiliki pengetahuan yang cukup mengenai berbagai tantangan tersebut.

“Peristiwa pembunuhan, kriminal, dan peristiwa lainnya akhir-akhir ini sangat memprihatinkan. Demikian juga penyalahgunaan narkoba yang angat rentan merusak anak bangsa,” kata Amirsyah dalam acara pelatihan guru se-kota Tangerang, Kamis (21/3).

Menurutnya, penanaman pendidikan akhlak menjadi penting guna membentengi semua komponen bangsa dari ancaman-ancaman tersebut.

“Bangsa yang besar harus mampu mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai karakter. Sebaliknya, sebuah bangsa akan mengalami kemunduran jika nilai-nilai karakter diabaikan,” ujar dosen yang juga menjabat sebagai Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Di antara nilai-nilai tersebut menurutnya adalah nilai kejujuran, rasa kasih sayang, peduli sesama, produktif dalam bekerja, dan sifat-sifat keteladanan lainnya.

Reporter: Syahrain
Editor: Muhammad Nashir

Baca Juga :  Adab Guru Sebelum Mengajar

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.