Perlengkapan Umrah Untuk Laki-Laki

Perlengkapan Umrah Untuk Laki-Laki

Suaramuslim.net – Anda tentu tidak ingin ibadah umrah yang sudah diidamkan bertahun-tahun akhirnya tidak maksimal hanya karena persiapan perlengkapan kurang maksimal karena diremehkan. Kami akan bagikan tips ringan namun penting bagi Anda kaum pria yang akan melaksanakan ibadah umrah agar bisa beribadah dengan khusyuk tanpa harus disibukkan dengan urusan perlengkapan karena tidak dipersiapkan dari awal. Nah apa saja tipsnya? Silakan baca tulisan ringkas ini sampai selesai.

1. Kain ihram 1 set, dapat juga membawa 1 cadangan sebagai persiapan bila yang satunya terkena najis atau kotoran.

-Advertisement-

2. Sandal dan tas plastik (untuk menyimpan sandal)
Meski di dalam masjid terdapat rak, namun jumlahnya terbatas, jadi ada baiknya menyimpan sendiri perlengkapan umrah seperti sandal dalam tas plastik bening sehingga memudahkan untuk mencari. Dapat juga meletakkan di dekat Anda sholat. Hal ini juga menghindari bila ternyata lupa di rak mana Anda menyimpan sandal.

Model sandal untuk ibadah umrah dapat dipilih sendiri asalkan nyaman. Hindari jenis sandal yang menutupi mata kaki. Pada saat thawaf dan sa’i, tidak diperkenankan mengenakan sandal, kecuali perempuan dapat menggunakan kaus kaki.

3. Sabuk umrah/haji yang ada dompetnya
Bisa digunakan untuk menyimpan uang dan mengikat kain ihram. Bila tidak memiliki sabuk, dapat diganti dengan tas pinggang.

4. Kacamata hitam (bila perlu), untuk menghindari cahaya matahari yang menyilaukan di siang hari.

5. Baju muslim
Disarankan warna putih/warna lembut untuk dikenakan saat ke masjid. Bawa secukupnya saja. Kira-kira 3 atau 4 potong (sesuai kebiasaan) di Madinah dan Makkah udara kering sehingga jarang berkeringat.

6. Celana bahan kain, hindari celana jeans
Celana kain akan membuat bagasi tempat menyimpan perlengkapan umrah lebih ringkas dibandingkan celana jeans karena ketebalannya (kecuali saat musim dingin di Tanah Suci). Selain itu cuaca di tanah suci cenderung panas sehingga mengenakan celana kain berbahan katun tentu lebih nyaman (namun, perhatikan lagi musim dan cuaca masa jadwal umrah Anda sehingga Anda bisa memutuskan apakah perlu membawa jeans atau tidak). Bawalah secukupnya sesuai jumlah hari jadwal umrah. Cukup membawa 2 – 3 potong celana saja. Atau sesuai kebiasaan dan kenyamanan.

7. Pakaian untuk Anda kenakan saat tidur
Meskipun Anda bebas membawa pakaian tidur apa saja seperti celana pendek dan kaus oblong. Pertimbangkan juga dengan siapa Anda menginap di kamar hotel: apakah Anda berdua, bertiga, atau berempat. Juga apakah dalam satu kamar semuanya adalah keluarga Anda sendiri atau dengan keluarga lain. Jangan sampai mereka dan juga Anda tidak nyaman karena pakaian tidur yang dibawa tidak enak dipandang mata. Meski baju untuk tidur, namun harus tetap rapi, bersih, dan nyaman, sebagaimana perlengkapan umrah lainnya. Pakaian dalam bisa dihitung sesuai jumlah hari misal 1 potong/hari (sesuai kebiasaan).

8. Sarung
Selain untuk sholat, bila perlu yang juga berfungsi sebagai selimut. Sesuaikan dengan kebiasaan. Cukup membawa sarung 2 atau 3. Kalau biasa sholat memakai sarung bisa membawa 4 potong.

9. Pakaian Dalam
Secukupnya sesuai dengan jumlah hari umrah Anda. Tersedia celana dalam sekali pakai di toko-toko perlengkapan umrah.

10. Pelembab kulit baik untuk wajah atau badan atau bibir untuk menghindari kulit yang kering.

11. Jaket atau sweater. Bila Anda berumrah di musim dingin.

12. Surban atau sajadah yang tipis saja
Bila diperlukan, karena seluruh areal masjid telah dilengkapi sajadah. Selain itu surban/sajadah tipis juga dapat Anda gunakan sebagai pelindung kepala bila matahari bersinar terik atau cuaca panas.

13. Perlengkapan mandi
Hotel mungkin menyediakan namun bisa jadi jumlahnya terbatas. Untuk mengantisipasi, bawalah handuk, sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan shampo kemasan sachet atau kecil agar tidak memberatkan.

14. Kaus kaki tebal
Bila Anda tidak tahan dengan suhu dingin AC, Anda dapat membawa kaus kaki yang dapat Anda kenakan saat di masjid atau saat tidur di hotel.

15. Perlengkapan gadget
Jangan lupa membawa charger dan colokan listrik karena bentuk stop kontak di Arab Saudi agak berbeda dengan stop kontak di negara kita.

16.Kamera handphone atau kamera poket

17. Obat-obatan pribadi seperti obat batuk/flu, obat sakit perut/diare, balsem, minyak kayu putih, koyo untuk kaki pegal

18. Masker mulut dan hidung. Anda juga dapat membawa masker untuk menghindari debu

19. Parfum untuk persiapan umrah, bisa beli di Madinah

20. Gunting (bila perlu), pemotong kuku, gembok kunci untuk koper

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.