Piala Dunia 2018: Jejak Pemain Muslim Perancis

Piala Dunia 2018: Jejak Pemain Muslim Perancis

Moskow (Suaramuslim.net) – Piala Dunia 2018 resmi berakhir kemarin malam (15/7) saat Perancis menaklukan Kroasia dengan skor meyakinkan 4-2. Mereka berhak mengangkat Trophy kemenangan dan membawa gelar juara Piala Dunia untuk kedua kalinya, 1998 dan 2018.

Ucapan selamat mengalir dari berbagai pihak dan dari berbagai belahan dunia.  baik itu tentang Kualitas pemain, pelatih, official tim dan segala macam yang berbau tim kesebelasan Perancis.

Namun, Perbincangan tersebut bukan hanya dalam rana sepak bola. Beberapa pihak ada yang mengaitkan Perancis dengan kondisi negaranya hari ini terutama dengan Rasisme, Islamophobia dan diskriminasi terhadap keturunan Afrika.

Di Akun pribadinya, Khaled Beydoun, seorang profesor hukum dan penulis Islamofobia di Amerika, menyindir publik Perancis dengan kata-kata sarkasme.

80 % Timmu berasal dari Afrika, hilangkan rasisme. 50% Timmu beragama Islam, hilangkan Islamophobia, Afika dan Islam mengirimmu Juara yang kedua, sekarang kirimi mereka keadilan”

Sontak hal itu menjadi trending dimedia sosial, banyak yang mendukung dan menyerukan hal serupa salah satunya adalah Ustaz Bactiar Natsir yang menyampaikannya langsung di Akun Instagramnya dengan menscreenshot dan memposting beberapa foto pemain yang beragama Islam.

Dibalik kejayaan Perancis memenangi Piala Dunia 2018, ada 15 pemain berasal dari Afrika dan 7 pemain yang beragama Islam. Tujuh sosok pemain beragama Islam inilah yang menjadi kunci kemenangan Perancis.

Keberagaman yang ada di skuad Perancis tidak menjadi masalah bagi para pemain. Adil Rami yang akan pensiun dari timnas setelah Piala Dunia 2018 ini mengatakan bahwa skuat multikultural menjadi senjata bagi Perancis rengkuh trofi Piala Dunia tahun ini.

“Saya orang Prancis yang berasal dari Maroko dan saya bangga dengan hal itu. Bangga menunjukkan bahwa saya bukan orang sembarangan, saya bangga sukses membawa negara saya berbahagia. Saya mencintai Perancis dan negara ini layak untuk juara Piala Dunia 2018,” kata Adil seperti dilansir ESPN.

Ada tujuh pemain Muslim yang mengisi skuad timnas asuhan pelatih Didier Deschamps. Paul Pogba dan N’golo Kante menjadi dua pemain inti sekaligus tulang punggung lini tengah Les Bleus yang tak pernah absen dalam semua laga Prancis di Piala Dunia 2018. Sementara dua lainnya, yakni Nabil Fekir dan Ousmane Dembele, sempat merasakan atmosfer laga Piala Dunia sebagai pemain pengganti.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Ali Hasibuan

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!