Radio Suara Muslim Gelar Forum Silaturahim Komunitas Masjid

Radio Suara Muslim Gelar Forum Silaturahim Komunitas Masjid

Surabaya (Suaramuslim.net) – Dewan Masjid Indonesia mengungkapkan jumlah masjid di Indonesia mencapai 800 ribu. Tentu ini potensi yang sangat besar dalam aspek aktivitas dakwah dan syiar. Karena itu, Radio Suara Muslim Surabaya menyelenggarakan Forum Silaturohim Komunitas Masjid. Suara Muslim mengundang para pengurus masjid dari 39 masjid di Surabaya dan Sidoarjo yang bertempat di Resto DK 26 Surabaya (1/12/2018). Masjid-masjid ini ada yang sebelumnya pernah menjadi tuan rumah kegiatan Radio Suara Muslim seperti Safari Subuh, Kajian Udara Silaturahim (Kausar), dll.

Dalam kesempatan itu, Pimpinan Suara Muslim Irwitono memaparkan potensi dakwah yang bisa dikerjasamakan antara Suara Muslim dan masjid. “Siaran kami ini mampu menjangkau tiga saluran: jalur frekuensi 93,8 FM, jalur steaming dan jalur satelit. Untuk jalur frekuensi ini sudah didengar 460 ribu orang menurut riset Nielsen 2017. Dua jalur lainnya belum dapat kami pastikan jumlahnya. Namun sering ada penelepon dari luar Jawa seperti Sumatera dan Kepulauan Riau. Bahkan jalur satelit pernah mendapat respon pendengar dari Jepang dan Eropa. Tentu cakupan dakwah media ini perlu didayagunakan lebih optimal lagi. Saya berharap sinergi dengan masjid ini mampu memperkuat dakwah kita,” jelasnya.

Sedangkan Ustadz Muhammad Sholeh Drehem selaku Dewan Syariah Suara Muslim berpesan agar para pengurus masjid ini tetap menjaga keikhlasan dan kesabaran. “Setiap orang yang beribadah di masjid kita maka insya Allah bapak-bapak ini mendapat pahala juga. Namun namanya kritik dan keluhan dari masyarakat selalu ada. Bahkan mungkin sangat pedas. Itulah tujuan kita bersinergi. Insya Allah satu masjid dan yang lain bisa saling mengisi. Misalnya Masjid Ar Rahmah yang saya kelola punya kampus penghasil imam. Silakan nanti bisa bersinergi” ucapnya.

Sementara itu, Suparno, pengurus Masjid Al Fattah Delta Sari Waru Sidoarjo, mengusulkan agar pihak Suara Muslim rutin memberi pelatihan dan bimbingan bagi para mubalig. “Penting kami agar para mubalig dan khotib jumat ini punya kemampuan bicara di di atas mimbar secara lugas dan mencerahkan. Saya kira para penyiar radio punya kemampuan itu,” tuturnya. Di akhir sesi, Pihak Radio Suara Muslim menyerahkan penghargaaan kepada empat masjid yang telah lebih dahulu berpartisipasi dalam Program Sinergi Masjid.

Reporter: Oki Aryono
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!