Survei Charta Politika Unggulkan Gus Ipul-Puti di Pilgub Jawa Timur

Survei Charta Politika Unggulkan Gus Ipul-Puti di Pilgub Jawa Timur

Jakarta (Suaramuslim.net) – Kandidat calon pasangan Gus Ipul – Puti Soekarno (44.8%) mengungguli pasangan Khofifah Indra Parawansa – Emil Dardak (38.1%) di Pilgub Jawa Timur. Hal ini disampaikan oleh Charta Politika dalam pemaparan hasil survei di Hotel Century, Jakarta Pusat.

“Pasangan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno berada di atas pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak, sebagai pasangan yang dipilih oleh masyarakat,” ujar Yunarto Wijaya pada Rabu (21/3) di ruangan Ksatria Arya Wira, Hotel Century Park, Jakarta Pusat.

Namun, dalam hal popularitas Khofifah Indra Parawansa dengan angka 92,9% lebih unggul dibandingkan dengan Saifullah Yusuf dengan angka 91,7%. Tapi menurutnya, trend elektabilitas Khofifah mengalami penurunan yang 41,5% di bulan Januari dan 41,5% pada bulan Maret.

Jika dikaitkan dengan pemilihan presiden, menurut Yunarto Wijaya basis pemilih Jokowi secara keseluruhan akan memilih Pasangan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno, sedangkan basis pemilih Prabowo terbelah ke dua calon.

“Secara keseluruhan basis pemilih Jokowi memilih Gus Ipul, sedangkan basis Prabowo terbelah, satu memilih ke Khofifah tapi banyak juga yang memilih Gus Ipul,” tambahnya.

Pengumpulan data survei sendiri dilakukan selama lima hari yakni pada tanggal 3 sampai dengan 8 Maret 2018. Jumlah sampel sebanyak 1200 responden yang tersebar di 38 kabupaten/kota dengan margin of error 2.8 persen. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!