Tafsir Al Baqarah Ayat 116-117
Al Quran

Suaramuslim.net – Alhamdulillah kajian kita telah sampai di surat ke 2, Al-Baqarah ayat ke 116-117. Silahkan Anda baca ayat ini secara berulang-ulang berserta terjemahnya dengan penghayatan sepenuh hati dan pikiran;

وَقَالُوا اتَّخَذَ اللَّهُ وَلَدًا سُبْحَانَهُ بَل لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ كُلٌّ لَّهُ قَانِتُونَ

“Mereka (orang-orang kafir) berkata: “Allah mempunyai anak”. Maha Suci Allah, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah; semua tunduk kepada-Nya.”

بَدِيعُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَإِذَا قَضَىٰ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ

“Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: “Jadilah!” Lalu jadilah ia.”

Tadabbur Ayat

Mari sekarang kita masuk tafsir dan tadabbur ayat ini;

  1. Yahudi dan Nasrani serta orang-orang musyrik dan siapa saja yang mengatakan Allah mempunyai anak, berarti telah menuduh Allah dengan tuduhan yang sangat tidak layak dan telah melakukan kejahatan besar serta menzalimi diri mereka sendiri.
  2. Allah sabar lagi santun terhadap mereka, bahkan Allah berikan kepada mereka kesehatan dan kesejahteraan serta rezeki, walau mereka menghina dan merendahkan Allah.
  3. Maha Suci Allah dari semua sifat yang tidak layak untuk-Nya yang dikatakan oleh orang-orang musyrik dan orang-orang zalim.
  4. Maha Suci Allah yang mempunyai kesempurnaan mutlak dari semua sisi, yang tidak mempunyai cacat sedikit pun dari semua sisi.
  5. Allah membantah mereka dengan berfirman: “Bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah; semua tunduk kepada-Nya.”
  6. Semuanya adalah milik Allah dan hamba-Nya yang Dia kendalikan sebagaimana layaknya raja terhadap semua yang berada dalam kekuasaannya.
  7. Semua yang ada di alam semesta ini tunduk dan patuh kepada aturan Allah dan sangat membutuhkan Allah, sedangkan Allah tidak membutuhkan mereka sedikit pun.
  8. Bagaimana mungkin Allah mempunyai anak, padahal segala sesuatu yang ada di alam semesta ini adalah makhluk ciptaan-Nya?! Ini adalah kebatilan yang paling batil!
  9. Allah adalah pencipta langit dan bumi dengan sebaik-baiknya tanpa ada contoh sebelumnya.
  10. Allah adalah penguasa secara mutlak yang bila Dia berkehendak untuk menciptakan sesuatu, maka cukuplah Dia hanya mengatakan kepadanya: “Jadilah!” Lalu jadilah ia. Tanpa ada satu pun yang sanggup menentang-Nya atau pun menghalangi-Nya.
  11. Hendaklah kita mengesakan Allah dengan sebenar-benarnya dan tidak menyekutukan-Nya dengan suatu apa pun.
  12. Termasuk dosa besar yang paling besar adalah menuduh Allah mempunyai anak.
  13. Betapa kurang ajarnya orang yang menuduh Allah mempunyai anak. Ini adalah tuduhan dahsyat dari orang yang tidak mempunyai akal sehat.
  14. Kita harus tunduk dan patuh kepada Allah jika menginginkan kehidupan yang baik di dunia dan di akhirat.
  15. Siapa pun yang melawan Allah pasti hancur dunia akhirat, cepat atau lambat, karena ia melawan kekuatan yang Maha Dahsyat yang tidak mungkin terkalahkan.
Baca Juga :  Ibnu Katsir, Ulama yang Punya Keilmuan Komplit

Khadimul Qur’an/Pelayan Al Quran
Abdullah Sholeh Hadrami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here