Tertarik Bisnis Donat Kentang Simak Resep praktisnya
Ilustrasi donat kentang.

Suaramuslim.net – Donat, jajanan tradisional yang begitu familiar di seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Kue manis berbentuk bulat ini sangat mudah dijumpai di berbagai tempat. Mulai dari donat biasa yang dijumpai di pasar atau penjual di pinggiran jalan, hingga donat dengan harga belasan ribu rupiah per porsi.

Belum diketahui siapa penemu kue berbentuk cincin ini. Informasi dari National Dunking Association of Amerika (NDAA), menyebutkan bahwa penemu kue donat adalah Hanson Crocket Gregory. Sayangnya di pihak lain, suku Indian juga mengklaim bahwa mereka lah yang menciptakan kue donat. Terlepas siapa sebenarnya yang menemukan formulanya, kue donat sampai saat ini tetap bertahan jadi camilan favorit di berbagai negara.

Camilan lintas generasi ini umumnya terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Namun, bagi sebagian orang sudah mengkreasikan bahan lain, bergantung kreativitas si pembuat. Seperti donat ubi, atau donat kentang.

Untuk resep kali ini, saya akan berbagi tips membuat donat kentang. Kenapa donat kentang? Karena olahan yang satu ini paling banyak dijual di pasaran, selain teksturnya lebih empuk dan lembut, rasa kuenya juga lebih enak ketimbang menggunakan bahan tepung terigu.

Baca Juga :  Negara Tunduk di Kaki Korporasi Global

Apa saja yang perlu dipersiapkan, dan bagaimana proses memasknya? Simak ulasan berikutnya!

Bahan – bahan:

500 gr tepung terigu tinggi protein
100 gr gula pasir
100 gr mentega
200 gr kentang kukus yang sudah dihaluskan
4 butir kuning telur
100 ml air dingin
50 gr susu bubuk full cream
11 gr fermipan
Garam secukupnya
1 liter minyak goreng

Bahan Topping :

50 gram mentega
50 gram meses
50 gram gula halus

Cara memasak

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan fermipan. Aduk adonan sampai setengah kalis.
  2. Tambahkan kentang yang sudah dihaluskan, kuning telur dan air dingin ke dalam adonan, lalu aduk lagi hingga rata. Kemudian masukkan mentega dan garam, sambil diaduk dan remas-remas adonannya menggunakan tangan sampai terasa kalis dan tidak lengket.
  3. Setelah adonan dirasa sudah kalis, letakkan pada wadah dan tutup menggunakan kain basah. Diamkan selama 30 menit agar adonan mengembang.
  4. Jika sudah mengembang, bentuk adonan donatnya sesuai selera, jangan lupa buat lubang di tengahnya.
  5. Letakkan donat yang sudah dibentuk diatas wadah yang sudah ditaburi sedikit tepung supaya tidak lengket. Lalu diamkan donat selama 2o menit.
  6. Sambil menunggu, panaskan minyak goreng, lalu goreng donat dengan api sedang cenderung kecil. Bolak-balik donat sampai matangnya dirasa sudah rata.
  7. Jika sudah matang, tiriskan donat. Lalu olesi donat dengan mentega, lalu taburkan meses diatas donat. Selain meses, Anda juga bisa menaburkannya dengan gula halus ataupun taburan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here