Tips Agar Hubungan Orang Tua dan Anak Tak Renggang

Suaramuslim.net – Anak merupakan karunia terbesar dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk dirawat dan dibesarkan oleh kedua orang tuanya. Namun terkadang, orang tua sering tidak sadar telah kurang memberikan perhatian kepada anaknya. Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya kerenggangan antara orangtua dan anak.

Faktor kesibukkan dalam bekerja merupakan salah satu faktor yang dapat mengurangi waktu untuk berkomunikasi antar keduanya. Selain itu, kerenggangan hubungan dengan anak juga dapat mempengaruhi perkembangan mental seorang anak.

Anak yang merasa kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya, biasanya akan tumbuh menjadi anak yang egois, penentang dan pembangkang. Hal itu dilakukan semata-mata untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang di sekitarnya. Tak lain karena mereka merasa, orang tuanya tidak dapat mencukupi kebutuhan perhatian yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh anak, sebagai bukti rasa sayang orang tua kepada mereka.

Seharusnya, para orang tua mengetahui dan memahami pentingnya membangun kedekatan hubungan dengan anak. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri kepada anak, berikut ini beberapa tips untuk membangun kedekatan hubungan dengan anak.

Baca Juga :  Meniti di Jalan Sendiri

Tips Membangun Kedekatan dengan Anak

  1. Berdo’a pada Allah SWT semoga anak-anak kita bisa dekat dengan kita. Karena do’a adalah senjata utama dalam mengasuh anak.
  2. Sering mengajak ngobrol anak, serta memberikan stimulasi berupa sentuhan sejak anak masih dalam kandungan. Hal ini sudah bisa dilakukan karena janin dalam kandungan sudah mampu merespon stimulasi dari luar berupa suara, sentuhan, maupun cahaya.
  3. Langsung menyusuinya sejak menit-menit awal kehidupannya. Ini adalah hal ternyaman bagi sang anak, karena mereka merasa tenang dalam dekapan hangat sang ibu saat menyusu.
  4. Menyusuinya dengan penuh kasih sayang, dengan sempurna selama 2 tahun. Menyusui bukan hanya sekedar proses memberikan nutrisi, namun lebih dari itu, menyusui adalah sebuah proses untuk menyalurkan kasih sayang, menjalin ikatan emosi yang kuat serta menjadi media dalam mentransfer ilmu dan adab.
  5. Menemani bermain dan belajar. Dua hal ini sangat disukai oleh anak-anak. Jika kita bisa menjadi teman baiknya kala bermain dan belajar insyaAllah anak-anak akan suka dengan kita.
  6. Sering memeluknya. Memeluk adalah salah satu metode mentransfer kasih sayang yang mudah dan sangat bisa dirasakan manfaatnya. Anak yang labil emosinya, akan mulai menurun tantrumnya hanya dengan dipeluk.
  7. Mendengarnya bercerita. Anak-anak suka sekali bertanya serta bercerita, maka sebagai orang tua, jadilah pendengar yang baik ketika mereka bercerita, sehingga insyaAllah anak-anak akan merasa nyaman dengan kita.
Baca Juga :  Guru, Buah Hati dan Pintu yang Terbuka

Semoga kita semua dikarunia anak-anak yang sholih/sholihah. Anak-anak yang merasa nyaman dengan kita sebagai orang tuanya. Anak-anak yang  bisa dekat dan menyanyangi kita hingga akhir, yang mana doa dan amalannya akan bisa kita nikmati tidak hanya di dunia , namun juga sampai di akhirat kelak. Aamiin.

Kontributor: Ummu Naura
Editor: Oki Aryono

*Tim Media Komunitas Bunda 1011

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.