Tips Ampuh Ajarkan Anak Rajin Sholat

0
39
sholat tepat waktu, tips ampuh, ajarkan anak rajin sholat

Suaramuslim.net – Anak adalah titipan dari Allah SWT yang harus kita jaga dengan baik. Agar berakhlak mulia, anak perlu dididik dengan tepat oleh orang tuanya. Sebagai umat muslim, sholat adalah kewajiban yang harus dilaksanakan. Oleh karena itu, sejak dini, anak perlu dikenalkan dan diajarkan bahwa sholat adalah tiang agama dan jangan sampai ditinggalkan. Namun ada kalanya anak sulit diarahkan untuk sholat.

Lantas apa saja tips ampuh ajarkan anak rajin sholat?

1. Ajak anak mengikuti gerakan sholat

Kenalkan pada anak sholat sejak dini dengan cara mengajak anak untuk sholat bersama. Meski belum memahami gerakan sholat dengan benar, dengan terus mengikuti gerakan kita selama sholat, anak akan terbiasa melakukan gerakan-gerakan sholat. Berikan pengertian secara perlahan bahwa mengerjakan sholat apalagi dikerjakan dengan tepat waktu akan disayang Allah.

2. Biasakan anak untuk mengenakan mukena/sarung dan peci

Meski belum mengetahui apa maksud dari sholat yang sebenarnya, kenalkan pada anak bahwa setiap sholat harus mengenakan mukena untuk anak perempuan dan sarung serta peci untuk anak laki-laki. Anak dalam usia emas atau yang biasa disebut golden age akan meniru apa yang dilakukan oleh orang di sekitarnya. Ketika melihat kita melakukan gerakan sholat, mereka akan mengikutinya meski tidak sepenuhnya. Begitu pula dengan yang kita kenakan ketika sholat, akan ditiru oleh anak.

3. Ajak anak mengingat gerakan solat di tengah waktu bermain

Disamping menemani anak bermain, ajarkan anak mengenai cara sholat yang diingat oleh si anak. Misal dengan mengenalkan takbiratul ihram, gerakan rukuk, ataupun gerakan sujud. Dengan melakukan hal tersebut secara berulang, anak akan mengingat dengan sendirinya beberapa gerakan sholat. Tak hanya gerakannya, anak juga dapat diberikan bacaan pada sholat, dimulai dari bacaan yang paling sederhana.

4. Ajak anak untuk solat berjamaah di masjid

Dengan mengajak anak mengikuti kita untuk sholat berjamaah di masjid, anak akan melihat hal serupa yang biasanya ia lihat saat sholat di rumah. Ia akan mengikuti gerakan dan merekam bacaan yang mudah diingat olehnya saat sholat berjamaah. Mengajaknya untuk sholat berjamaah di masjid akan membuatnya lebih cepat ingat dan membiasakan diri untuk melakukan sholat karena ia melihat banyak orang yang melakukannya. Anak di usia golden age akan merasa senang meniru setiap gerakan dari orang lain, terutama jika gerakan tersebut dilakukan lebih dari satu orang.

5. Ajarkan pada anak untuk sholat tepat waktu

Tak hanya mengajarkan anak untuk sholat, sebagai orang tua, kita juga harus membiasakan pada anak untuk sholat tepat waktu. Hal ini dapat dilakukan dengan menghentikan segala aktivitas kita jika terdengar dazan dan segera mengajak anak untuk sholat. Anak akan terus teringat bahwa saat terdengar panggilan adzan, hal tersebut berarti tanda bahwa kita harus mengutamakan sholat terlebih dahulu.

 

Baca artikel lain :

3 Nilai Ajaran Islam Untuk Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pandangan Islam