Adab Bergaul Bagi Muslim dan Muslimah

Suaramuslim.net – Dalam Islam, terdapat batasan mengenai pandangan mata dan pemandangan pada tubuh manusia agar tidak terjerumus pada perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT, yaitu zina. Allah SWT memerintahkan kaum muslim dan muslimah untuk menundukkan pandangan dalam pergaulan sehari-hari. Adapun adab bergaul dalam Islam adalah sebagai berikut:

1. Memahami bahaya zina

Allah berfirman:

Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya itu adalah perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isra: 32).

Yang dimaksud dengan perbuatan keji serta jalan yang buruk adalah bahwa zina memberikan banyak dampak negatif, antara lain terkuranginya agama seseorang, merusak kehormatan dan harga diri, menyebabkan tersebarnya wabah penyakit berbahaya yang umumnya sulit diobati, dan masih banyak lagi. Namun diantara dampak tersebut yang paling buruk adalah mendapat murka dari Allah.

2. Menjaga pandangan mata

Seringkali ketika melihat lawan jenis lewat, pandangan seseorang berisi syahwat. Allah berfirman:

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman,’Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya’, yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya.” (QS. An Nur 30-31).

3. Menghindari duduk-duduk di keramaian tanpa tujuan jelas

Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah kalian duduk-duduk di pinggir jalan.” Sahabat bertanya, “Itu kebiasaan kami yang sudah biasa kami lakukan karena itu menjadi majelis tempat kami bercengkerama.” Beliau bersabda, “Jika kalian tidak mau meninggalkan majelis seperti itu, maka tunaikanlah hak jalan.” Mereka bertanya, “Apa hak jalan itu?” “Beliau menjawab, “Menundukkan pandangan, menyingkirkan gangguan di jalan, menjawab salam dan amar makruf nahi mungkar.” (HR. Bukhari no.2465).

4. Menghindari campur baur pria dan wanita dalam satu tempat

Rasulullah bersabda:

“Janganlah kalian masuk ke dalam tempat kaum wanita.” Lalu seorang laki-laki dari Anshar berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana pendapat Anda mengenai ipar?” Beliau menjawab, “Ipar adalah maut.” (HR. Bukhari no. 5232 dan Muslim no. 2172)

“Janganlah salah seorang diantara kalian berduaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) karena setan adalah orang ketiganya, maka siapa saja yang bangga dengan kebaikannya dan sedih dengan keburukannya, maka dia adalah seorang yang mukmin. (HR. Ahmad).

5. Menyibukkan diri dengan kegiatan ibadah, sosial, maupun olahraga

Masih banyak masyarakat di sekeliling kita yang membutuhkan bantuan baik berupa tenaga, pikiran, dan bahkan materi yang kita punya. Gunakan waktu untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut agar tidak terjerumus pada zina. Kegiatan tersebut lebih memiliki manfaat karena selain menumbuhkan silaturahmi, kita juga dapat menolong sesama muslim yang membutuhkan.

Suara Muslim

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *