Cara Membuat Nasi Agar Tidak Cepat Kuning

0
24
nasi putih, tips memasak nasi, tips menyimpan nasi

Suaramuslim.net – Sebagai orang Indonesia, tak lengkap rasanya jika makan tanpa nasi. Nasi menjadi menu utama yang wajib ada saat makan. Meski diolah dengan cara yang berbeda, nasi tetaplah harus tersaji saat jam makan tiba. Namun masalah yang sering dihadapi saat mengolah nasi adalah nasi cepat kuning dan basi. Nasi yang awalnya putih akan jadi kuning dan berbau tidak enak. Padahal baru dimasak beberapa jam yang lalu.

Tips Membuat Nasi Tidak Cepat Kuning

Cuci beras hingga bersih

Salah satu penyebab nasi cepat kuning dan basi adalah proses pencucian yang tidak bersih. Pastikan Anda mencuci beras hingga bersih, sehingga bau beras yang menempel hilang. Tak hanya itu, kotoran penyebab nasi cepat basi juga bisa hilang. Bersihkan juga penanak nasi dari sisa beras yang menempel.

Gunakan takaran air yang sesuai

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis beras bisa ditanak dengan takaran air yang sama. Setiap beras mempunyai ciri khas yang berbeda. Ada jenis beras yang butuh banyak air saat dimasak, namun adapula yang butuh sedikit saja tapi sudah empuk dan enak. Pastikan jumlah takaran air pas, agar nasi tidak kebanyakan air sehingga cepat kuning dan basi.

Matikan magic jar di malam hari

Salah satu cara efektif membuat nasi lebih awet yaitu dengan mengangin-anginkannya di suhu udara normal. Caranya adalah dengan mencabut magic jar di malam hari. Buka sedikit tutupnya dan alasi dengan kain bersih agar tetesan air tidak jatuh ke nasi. Udara yang sejuk ini akan membuat nasi lebih awet keesokan paginya.

Periksa rice cooker atau magic jar yang digunakan

Jika berbagai cara sudah Anda lakukan namun nasi tetap kuning, Anda harus memeriksa kondisi rice cooker atau magic jar yang Anda pakai. Pastikan panasnya sudah sesuai. Pastikan pula jenis beras yang Anda pakai, apakah termasuk beras yang butuh sedikit air atau banyak air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here