Cara Tepat Simpan Buah dan Sayur di Kulkas Agar Awet

0
8
tips simpan buah, agar buah awet, simpan buah di kulkas

Suaramuslim.net – Tak sedikit dari kita yang menganggap bahwa menyimpan sayur dan buah di kulkas akan menjadi awet. Ternyata, saat menyimpan terdapat cara yang lebih efektif untuk membuat sayur dan buah lebih tahan lama saat disimpan di dalam kulkas. Selain tahan lama, sayur dan buah ini juga tahan busuk.

Lantas bagaimana caranya?

Tips Jitu Menyimpan Buah dan Sayur di Kulkas

1. Cuci sayur dan buah sebelum dimasukkan ke kulkas

Dalam menyimpan sayur dan buah ke kulkas, kebersihannya haruslah tetap terjaga. Pastikan untuk mencuci terlebih dahulu sebelum menyimpannya ke dalam kulkas. Setelah ditiriskan, barulah simpan dalam lemari pendingin.

2. Jangan meletakkan sayur dan buah dalam tempat yang sama

Pisahkan wadah untuk menyimpan sayur dan buah. Jangan meletakkan mereka dalam tempat yang sama. Hal ini dikarenakan pada jenis buah-buahan tertentu mengandung ethylene, senyawa yang bisa berfungsi untuk mematangkan buah.

3. Jangan memasukkan semua jenis sayur ke dalam kulkas

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis sayur dapat bertahan kesegarannya saat disimpan di dalam kulkas. Beberapa jenis sayur justru lebih baik disimpan di suhu ruangan. Misalnya saja tomat, terong, dan mentimun. Simpan jenis sayuran tersebut di suhu ruangan.

4. Pisahkan kentang dengan bawang bombay

Bawang bombay, kentang, dan bawang putih sebaiknya disimpan di tempat sejuk dan kering. Namun dikarenakan bawang bombay juga mengandung ethylene maka jangan dicampur dengan kentang. Kentang dapat cepat bertunas jika di dekatkan dengan bawang bombay.

5. Buanglah bagian sayur dan buah yang mulai membusuk

Segera buang bagian sayur maupun buah yang sekiranya mulai membusuk. Jangan sampai tercampur dengan sayur atau buah yang masih segar lainnya. Karena jika tetap tercampur maka akan membuat buah dan sayur lain di dekatnya ikut cepat membusuk.

Biasakan untuk melakukan langkah-langkah tersebut agar sayur dan buah yang disimpan tetap segar lebih lama. Hal ini juga akan mengurangi bau yang muncul dari dalam kulkas akibat membusuknya sayur maupun buah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here