Memilih Makanan Tepat Saat Sahur

0
38

Suaramuslim.net – Sahur merupakan hal penting dalam melaksanakan ibadah puasa. Berikut adalah jenis makanan yang bisa menggantikan kebutuhan tubuh selama seharian berpuasa.

Makanan yang disunnah saat berbuka dan sahur adalah dengan memakan kurma dan mencukupi kebutuhan air minum. Kurma mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan setelah seharian lambung kita kosong tidak terisi oleh makanan dan minuman. Karena itu, saat berbuka puasa, organ pencernaan kita (khususnya lambung) membutuhkan sesuatu yang lembut agar dapat bekerja kembali dengan baik.

1. Konsumsi Buah

Saat berpuasa, kita seringkali merasa lemas yang disebabkan turunnya kadar gula darah dalam tubuh. Untuk menyiasati turunnya gula darah secara berlebihan maka baiknya bisa mengonsumsi glukosa (salah satu karbohidrat terpenting sebagai sumber tenaga). Buah yang dipilih juga harus mengandung serat tinggi agar terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa.

Sempurnakan sarapan sahur dengan mengonsumsi buah yang juga mengandung magnesium dan potassium, seperti pada pisang, jeruk, dan kacang almon. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

2. Makanan Tinggi Serat

Makanan serat tinggi bisa dikombinasi antara nasi dan makanan berserat seperti sayuran atau kacang-kacangan. Makanan yang tinggi serat dapat memberikan efek kenyang yang lama sehingga anda tidak akan mudah lapar.

3. Makanan Berprotein

Selain buah, makanan berprotein juga bisa mencegah tubuh cepat lemas dan lesu. Makanan berprotein itu seperti ikan, ayam, telur, roti gandum, daging asap dan tahu. Protein itulah yang membuat tubuh jadi lebih berenergi.

4. Membatasi Konsumsi Garam

Mengonsumsi makanan yang tinggi garam akan membuat tubuh cepat lapar dan dehidrasi.

5. Menghindari Konsumsi Teh dan Kopi

Kopi dan teh mengandung zat diuretic yang menyebabkan peminumnya sering ingin buang air kecil sehingga tubuh dapat kekurangan cairan. Minuman tersebut memang menyegarkan badan, namun paling lama bertahan 1-2 jam saja, setelah itu yang akan terjadi justru perut/lambung terasa pedih, karena asam lambung yang berlebihan.

6. Menghindari Gorengan

Makanan gorengan menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Ini dapat menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari.

7. Tidak Tidur Setelah Shalat Subuh

Tidur setelah sholat subuh akan membuat makanan saat sahur terbuang sia-sia. Kenapa? Karena saat harusnya makanan diolah menjadi energi, maka energi itulah yang digunakan untuk tidur sehingga terbuang percuma, karena tidak digunakan untuk beraktivitas. Semoga bermanfaat. (Ce2/smn)