10 Film Indonesia Paling Inspiratif Tentang Dunia Pendidikan
MARS

Suaramuslim.net – Pendidikan adalah unsur yang sangat penting dalam kemajuan suatu bangsa. Bagusnya kualitas pendidikan, maju pula suatu bangsa. Terpuruknya kualitas pendidikan, terpuruk pula suatu bangsa. Pendidikan di Indonesia selalu menjadi sorotan banyak pihak terutama bagi anak-anak jaman sekarang yang mulai bersifat kritis terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Sistem yang terkadang dianggap menyusahkan dan perlu di-update, tidak jarang membuat murid jadi kebingungan untuk mencari tahu apa fungsi dari pelajaran di sekolah yang diajarkan para guru.

Gaji guru yang terbilang rendah di beberapa daerah juga menjadi faktor penting. Tidak jarang, guru dan murid jadi saling menyalahkan padahal mungkin yang salah adalah sistemnya. Meski kita sedang dilema dengan sistem pendidikan yang ada, tapi kita tidak boleh lupa dengan mereka yang sedang berjuang untuk menuntut ilmu dan mengabdi di ujung Indonesia sana.

Ketimpangan kualitas pendidikan antara kota dan desa sangat jelas terjadi di Indonesia. Para sineas Indonesia-pun berlomba-lomba membuat film tentang kondisi pendidikan di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang memprihatinkan. Tujuan dibuatnya film-film seperti ini adalah supaya pemerintah tidak tutup mata sehingga diharapkan keadaan semacam ini dapat diatasi dengan pemerataan pembangunan pendidikan sampai ke polosok nusantara.

Baca Juga :  Habis Terang Menuju Gelap

Ada banyak film Indonesia dengan tema pendidikan yang sangat inspiratif dan baik untuk ditonton. Berikut ini 10 daftar film tentang pendidikan di Indonesia yang bisa menjadi sumber inpirasi untuk kita semua;

1. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Denias adalah seorang anak dari pedalaman Papua yang rajin dan punya tekad kuat untuk menuntut ilmu. Namun, suatu ketika guru favorit yang mengajarinya harus pulang ke tanah Jawa. Denias pun harus berjuang untuk mencari sekolah lain yang ada di daerahnya. Ia harus melewati berbagai rintangan yang sulit seperti hutan, sungai, ngarai, gunung, dan sebagainya. Di sekolah yang baru pun juga terdapat berbagai konflik yang harus ia hadapi. Tapi hal itu tidak mematahkan semangat Denias untuk menuntut ilmu.

2. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi (Foto: Montasefilm.com)
Laskar Pelangi (Foto: Montasefilm.com)

Sepertinya sebagian besar orang Indonesia sudah tahu dan pernah menonton film ini. Dari film ini kita bisa belajar tentang seorang guru yang mau berkorban dan memberikan hidupnya untuk anak-anak yang ada di ujung Indonesia supaya memiliki masa depan yang gemilang. Dari sini kita juga bisa belajar tentang anak-anak di tempat terpencil yang penuh dengan semangat belajar dan tidak malas menuntut ilmu. Walau dengan segala kesederhanaannya, tapi mereka bisa memanfaatkan itu untuk mengejar prestasi.

Baca Juga :  Pendidikan Multikultural Sebagai Harmoni Perbedaan

3. Sang Pemimpi (2009)

Adegan dalam film Sang Pemimpi (Foto: Montasefilm.com)
Adegan dalam film Sang Pemimpi (Foto: Montasefilm.com)

Yang menarik dari film ini adalah sosok seorang guru bernama Balia yang sangat memotivasi dan menginspirasi murid-muridnya untuk mengejar pendidikan setinggi mungkin. Muridnya bahkan bisa menempuh jalur pendidikan di luar negeri, yaitu Eropa. Meski terdapat banyak konflik dan masalah kehidupan yang harus dihadapi muridnya, tapi Balia lah yang selalu menyemangati muridnya untuk menuntut ilmu sampai ke jenjang perguruan tinggi.

4. 5 Elang (2011)

Adegan dalam film 5 Elang (Foto: Muvila.com)
Adegan dalam film 5 Elang (Foto: Muvila.com)

5 Elang adalah film anak yang sangat menarik untuk ditonton. Film ini mengisahkan tentang petualangan sekelompok anak pramuka. Untuk para guru, film ini akan mengajarkan kita tentang kerjasama, pantang menyerah, mandiri, tidak egois, punya tekad kuat dan belajar menjadi pemimpin untuk anak-anak atau murid-murid kita.

5. Negeri 5 Menara (2012)

Negeri 5 Menara (Foto: Youtube)
Negeri 5 Menara (Foto: Youtube)

Berkisah tentang seorang guru yang penuh dengan inspirasi. Di mana beliau dapat memotivasi murid-muridnya tidak hanya untuk menjadi orang sukses, tapi juga mendukung setiap passion dari anak didiknya. Film ini mengajarkan kita untuk menjadi guru yang inspiratif dan open-minded supaya anak-anak dapat belajar dengan giat dan percaya diri terhadap setiap mimpi yang mereka miliki.

Baca Juga :  UNESA Anugerahkan Doktor Honoris Causa Pertamanya Untuk Abdul Kadir Baradja

Lanjut ke halaman 2

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.